Mom
·
14 September 2020 9:02

5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Perut Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Perut Ibu Hamil (224561)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Saat hamil, calon ibu umumnya punya banyak pertanyaan. Salah satunya adalah tentang perut ibu hamil. Ya Moms, saat menjalani masa kehamilan, perut Anda ternyata menyimpan fakta menarik yang tidak hanya menarik tapi juga penting untuk ketahui. Apa saja?
ADVERTISEMENT

5 Fakta tentang Perut Ibu Hamil

1. Menunjukkan Tingkat Kebugaran

Mengutip The Bump, ketika hamil, ibu membutuhkan lebih banyak dorongan dari otot untuk menopang rahim yang sedang tumbuh. Jadi calon ibu yang sehat, umumnya perutnya akan terlihat lebih tinggi, terutama pada kehamilan pertamanya. Namun di sisi lain, ibu yang ototnya kurang kuat, cenderung memiliki perut yang agak turun ke bawah.
"Perut yang kuat akan menahan berat bayi ke dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan perut tampak lebih kecil atau kurang menonjol," kata Katie Page, CNM, FACNM, seorang bidang bersertifikat dri Lynchburg, Virginia, AS.

2. Ukuran Perut Tidak Menentukan Jenis Kelamin

Banyak mitos yang mengatakan bahwa perut ibu hamil yang agak ke atas dan lancip, artinya ia sedang mengandung bayi laki-laki, sedangkan perut yang agak lebar dan cenderung turun ke bawah, artinya sedang hamil anak perempuan. Tapi nyatanya itu bukan fakta ya, Moms.
ADVERTISEMENT
"Banyak cerita tentang kehamilan di masa lalu yang mengatakan bahwa menentukan jenis kelamin bayi berdasarkan bagaimana ibu mengandung dan bagaimana bentuknya. Tapi tidak ada kebenaran dalam kisah tersebut," kata Sherry A. Ross, MD, seorang dokter kandungan di Rumah Sakit St. John's Providence, Santa Monica, California, AS.
Yang benar adalah wanita yang bertubuh tinggi umumnya mempunyai lebih banyak ruang naik-turun antara tulang kemaluan dan bagian atas perut daripada ibu yang berpostur tubuh kecil. Hal itu karena ibu yang bertubuh kecil mungkin memiliki berat kehamilan yang merata.
"Karena mereka cenderung memiliki bagian tengah tubuh yang lebih besar, wanita yang lebih tinggi cenderung kurang menonjol dan lebih lambat daripada wanita yang lebih pendek," kata Ross.
5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Perut Ibu Hamil (224562)
Ilustrasi Perut Ibu Hamil. Foto: Shutterstock

3. Perut Ibu Hamil Bisa Menyimpan Memori dalam Tubuh

Tubuh Anda memiliki ingatan yang baik, jadi ketika Anda hamil lagi, tubuh sudah bisa merespons perubahan-perubahan tersebut. "Dengan setiap kehamilan, rahim Anda yang tumbuh meregangkan otot-otot perut lebih longgar dan lebih longgar," kata Ross.
ADVERTISEMENT

4. Perut Ibu Tidak Mengungkapkan Besar Bayi

Bila Anda memiliki perut hamil yang besar, bukan berarti Anda hamil bayi yang berukuran besar juga, Moms. Sebaliknya, perut yang besar merupakan cerminan dari otot perut yang lebih lemah.
"Kami mengukur perut dan meraba perut untuk membantu mengukur bagaimana bayi tumbuh relatif terhadap usia kehamilan, tetapi ukuran benjolan hanya memiliki beberapa hubungan dengan berat aktual bayi," kata Page.
Namun Anda perlu juga waspada, jika perut berkembang sebelum hamil, kemungkinan Anda mengalami tumor otot yang tidak berbahaya disebut fibroid. Hormon kehamilan biasanya membuat fibroid tumbuh.
5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Perut Ibu Hamil (224563)
ukuran perut ibu hamil Foto: Shutterstock

5. Tanda Mengalami Diastis Recti

Saat rahim tumbuh ke atas, otot 'six pack' calon ibu mungkin akan meregang dan membelah. Kondisi ini disebut diastatis recti. Meskipun sering didiagnosis setelah melahirkan, Anda sebenarnya dapat melihatnya di benjolan saat hamil. Lalu saat berbaring telentang, perut Anda akan tampak runcing.
ADVERTISEMENT
"Perut ibu hamil akan gak melorot, yang bagi orang awam mungkin terlihat seolah-olah wanita itu pendek. Setiap wanita hamil akrab dengan punggung yang menonjol. Punggung ini biasanya memisahkan otot-otot perut, tetapi bisa menjadi terlalu teregang, menyebabkan diastasis recti," kata Kecia Gaither, MD, MPH, direktur layanan perinatal di Lincoln Medical and Mental Health Center di New York City, AS.