kumparan
search-gray
Mom15 Mei 2018 8:22

5 Hal yang Perlu diperhatikan pada Bulan ke-4 Kehamilan

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Selamat, Anda telah memasukti trimester kedua! Ini adalah masa kehamilan yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil karena sangat menyenangkan. Pada masa ini, rasa mual dan ingin muntah akan berkurang, serta rasa takut akan keguguran juga berangsur-angsur hilang.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, jangan lupa tetap lakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin ya, Moms. Pada bulan keempat kehamilan, ada lima hal utama yang perlu Anda perhatikan. Apa saja? Yuk simak!
1. Volume Darah
Pada bulan kememapt kehamilan, volume darah dalam tubuh akan meningkat. Peningkatan ini membuat paru-paru, ginjal dan hati bekerja ekstra keras. Hindari bekerja keras dan selalu luangkan waktu untuk istirahat, meskipun Anda merasa bugar.
2. Tekanan Darah
Bila tekanan darah naik pada bulan ini, mungkin Anda termasuk ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi saat kehamilan. Konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan Anda apakah hal itu normal atau berbahaya.
3. Gula Darah
Periksakan juga gula darah Anda melalui air seni untuk mendeteksi diabetes melitus dalam kehamilan. Memang belum tentu Anda mengalami diabates melitus apabila gula ditemukan dalam urin. Karena bisa jadi itu akibat kadar gula darah melebihi kebutuhan ibu dan janin sehingga ginjal tidak mampu menampungnya, dan dibuang lewat urin. Tapi, tak adalah salahnya Anda memeriksakan lebih awal sebagai tindakan pencegahan. Pencegahan lebih baik daripada mengobati bukan?
ADVERTISEMENT
4. Kenaikan Berat Badan
Cek kenaikan berat badan Anda, apakah kenaikan berat badan Anda normal atau tidak atau justru tidak mengalami kenaikan sama sekali. Pantau juga kenaikan berat badan bayi Anda melalui USG saat menjalani pemeriksaan kehamilan, apakah sesuai dengan usianya taua tidak.
5. Perubahan pada Kulit
Pada bulan ini, kulit Anda juga ikut berubah. Misalnya seperti timbul ruam kemerahan, kulit kering, bintik merah, atau telapak tangan dan kaki berwarna merah disertai gatal. Konsultasikan dengan dokter bila kondisi tersebut dirasa sangat mengganggu. Biasanya kulit Anda akan normal kembali ke sedia kala usai bersalin nanti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white