kumparan
10 Feb 2018 14:02 WIB

5 Kegiatan yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil (Foto: unsplash)
Melakukan aktivitas yang menyenangkan selama kehamilan mungkin bisa jadi obat pereda stres saat hamil. Baik itu pergi travelling, berbelanja, me time, maupun melakukan aktivitas fisik lainnya yang bisa membangkitkan mood dalam diri.
ADVERTISEMENT
Namun tidak semua aktivitas atau kegiatan bisa Anda lakukan ketika hamil lho, Moms. Berikut kumparanMom (kumparan.com) rangkum dari berbagai sumber, beberapa kegiatan yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat hamil:
1. Naik Roller Coaster
Ilustrasi Roller coaster. (Foto: Thinkstock)
Buat Anda yang suka naik permainan atau wahana-wahana ekstrem seperti roller coaster, sebaiknya Anda menahan diri dulu. Meski bermain wahana seperti roller coaster dan permainan ekstrem memang seru, tapi hal ini dapat menimbulkan goncangan yang terlalu kuat untuk janin. Dalam kasus paling parah, Anda dapat mengalami keguguran.
2. Naik Banana Boat, Jet Ski atau Rafting
Ilustrasi raffting. (Foto: Thinkstock)
Wisata air yang menantang seperti banana boat atau rafting tidak cocok untuk bumil karena bisa membuat badan Anda terbentur. Benturan bisa menyebabkan trauma berat pada janin dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Ini berlaku juga untuk surfing dan snowboarding ya, Moms. Bagi ibu hamil, snowboarding risikonya dua kali lebih besar dibanding aktivitas air lainnya. Bila ingin bermain air ketika hamil, batasi sampai berenang di kolam renang atau laut yang tenang dulu saja.
3. Menunggang Kuda
Menunggang kuda bisa menyebabkan tekanan yang dahsyat pada perut. Dudukan yang digunakan penunggang kuda juga tidak direkomendasikan untuk ibu hamil, mengingat postur tubuh ibu hamil yang berbeda.
Ditambah lagi dengan gerakan kuda, baik saat berjalan atau lari yang bisa menyebabkan benturan yang mengganggu bayi dalam kandungan.
4. Main Trampolin
Olahraga yang memadukan ketinggian dan keseimbangan sangat riskan bagi ibu hamil. Tubuh (dan janin!) Anda terpantul-pantul saat melompat dan bisa mengalami cidera.
ADVERTISEMENT
5. Makan Keju Feta
Ilustrasi Pasta. (Foto: Thinkstock)
Pizza dan pasta mungkin jadi salah satu menu favorit Anda selama hamil, tapi pastikan Anda memesannya tanpa keju jenis Feta. Feta Cheese atau keju Feta mudah terkontaminasi oleh beberapa bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi disebut, Listeriosis. Jadi, pesan yang lain saja ya, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan