Mom
·
11 Agustus 2020 8:08

5 Kondisi Yang Perlu Diwaspadai saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Kondisi Yang Perlu Diwaspadai saat Hamil (122331)
ibu hamil perlu selalu bersikap waspada Foto: Shutterstock
Saat hamil, ibu tentu berharap bayi yang di dalam kandungan maupun dirinya sendiri senantiasa baik-baik saja. Namun setiap kehamilan berbeda-beda. Meski sudah berusaha menjaga diri maupun kehamilan, bisa saja ada hal-hal yang berjalan tidak sesuai harapan.
ADVERTISEMENT
Itulah kenapa, ibu hamil harus selalu waspada dan peka akan setiap kondisi yang dialaminya. Ya Moms, ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai saat hamil. Bila Anda mengalami salah satunya, sebaiknya segera datangi bidan maupun dokter kandungan Anda, sebab dapat menjadi pertanda gangguan kehamilan yang serius.
Apa saja kondisi-kondisi tersebut?

Kondisi yang Bisa Jadi Tanda Gangguan saat Hamil

5 Kondisi Yang Perlu Diwaspadai saat Hamil (122332)
Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock
1.Mual dan Muntah Parah
Mual saat hamil memang biasa dialami oleh banyak ibu hamil, dan biasanya rasa mual dialami pada trimester pertama. Namun adalah tidak normal jika rasa mual ini berkepanjangan dan diikuti dengan nafsu makan yang berkurang, sakit kepala, anemia dan dehidrasi.
2.Keputihan Terus Menerus
Saat trimester pertama, leher rahim dan dinding vagina akan menjadi lebih sensitif. Ini menyebabkan banyak cairan keluar, yang berfungsi mencegah infeksi akibat bakteri dan penyakit lainnya.
ADVERTISEMENT
Saat memasuki trimester ketiga, biasanya keputihan sudah mulai berkurang karena janin mulai membesar dan menekan kantung kemih. Tapi jika keputihan ini terus berlanjut dan memiliki warna yang keruh seperti hijau atau kuning (disertai bau) maka sedang ada yang tidak beres dengan kondisi kehamilan Anda.
5 Kondisi Yang Perlu Diwaspadai saat Hamil (122333)
ilustrasi ibu hamil alami kram perut Foto: Shutterstock
3.Kram Perut
Sama seperti ketika Anda menstruasi, kram perut juga dirasakan ketika Anda sedang hamil terutama pada trimester pertama. Ya, pertanda ada yang tidak beres jika kram perut berlangsung lama dan Anda begitu sangat tersiksa dibuatnya.
4.Hilangnya Denyut Jantung Bayi
Jantung bayi biasanya mulai berdetak saat memasuki minggu kelima kehamilan. Tapi Anda tidak bisa merasakan denyut jantung pada minggu-minggu berikutnya.
ADVERTISEMENT
Hilangnya denyut jantung bayi jelas dapat menjadi masalah serius bagi kehamilan Anda.
5 Kondisi Yang Perlu Diwaspadai saat Hamil (122334)
tendangan bayi perlu diperhatikan selama hamil Foto: Shutterstock
5.Hilangnya Tendangan Bayi
Mirip dengan denyut jantung, tendangan bayi bisa menandakan bahwa kondisi bayi Anda aktif dan sehat saat berada di dalam janin. Akan tetapi jika gerakan bayi sudah mulai jarang terjadi bahkan sampai hilang, maka ada kondisi serius yang sedang terjadi pada kehamilan Anda.
Ini merupakan masalah yang serius karena hilangnya tendangan atau gerakan bayi bisa menjadi tanda bahwa bayi meninggal di dalam rahim maupun ada masalah kesehatan lainnya.
Nah Moms, itulah 5 kondisi yang perlu diwaspadai saat hamil. Jangan lupa, teruskan juga artikel ini pada pasangan atau keluarga agar dapat turut menjaga Anda.
ADVERTISEMENT