kumparan
4 April 2018 16:06

5 Pertimbangan Penting Sebelum Mengadopsi Hewan

Ilustrasi binatang peliharaan
Ilustrasi binatang peliharaan. (Foto: Pixabay)
Si kecil mungkin sedang merengek meminta hewan untuk bisa mereka pelihara. Sebelum buru-buru melarang atau menuruti, anak perlu diapresiasi terlebih dulu. Artinya ia sudah memiliki rasa sayang terhadap hewan, dan tentu saja ini bisa menjadi ajang belajar anak mengenai belajar bertanggung jawab saat sudah memilikinya nanti.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, keputusan untuk mengadopsi hewan peliharaan adalah suatu hal besar dan memerlukan pertimbangan matang pula, Moms. Terlebih jika Anda baru saja memiliki seorang anak. Rasanya merawat satu anak saja mungkin sudah mengerahkan seluruh tenaga, apa lagi jika harus menambah merawat ‘anak’ lainnya?
Anda sudah menyadarinya, mengadopsi hewan di rumah harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa sayang yang tinggi. Tanpa kedua hal tersebut, maka hewan tersebut akan tersiksa dan pada akhirnya mati.
Pertimbangkanlah lima hal berikut sebelum memelihara hewan di rumah:
1. Punya Banyak Tenaga untuk Merawat Binatang Peliharaan
Ilustrasi binatang peliharaan
Ilustrasi binatang peliharaan. (Foto: Pixabay)
Mungkin memelihara binatang bukan suatu masalah yang besar jika si kecil sudah remaja. Tapi jika anak Anda masih kecil, mungkin bisa jadi masalah untuk Anda.
ADVERTISEMENT
Ingat, Moms, tidak hanya anak Anda yang perlu makan dan minum secara rutin, tapi binatang peliharaan juga membutuhkan hal tersebut.
2. Punya Modal untuk Merawat Binatang Peliharaan
Mereka juga butuh tempat tinggal serta perawatan yang layak agar mereka tetap sehat. Jadi sebelum memutuskan untuk memelihara binatang, pastikan Anda memiliki modal dan sanggup menyisihkan uang setiap bulannya untuk merawat binatang peliharaan Anda, Moms.
Belum lagi, saat mereka sedang jatuh sakit. Artinya mesti ada alokasi dana biaya berobatnya pula.
3. Mau Membersihkan Kotoran Binatang
Salah satu tugas yang wajib Anda lakuka ketika memelihara binatang adalah membersihkan kandang serta kotoran mereka. Jika memikirkannya saja membuat Anda merasa malas dan jijik, ini bisa saja jadi pertanda Anda dan keluarga belum siap memelihara hewan peliharaan.
ADVERTISEMENT
4. Tahu Dasar-dasar Ilmunya
Meski Anda belum pernah memiliki binatang peliharaan sebelumnya, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang panduan memelihara binatang yang baik sesuai jenis hewan yang ingin Anda pelihara.
Misalnya Anda ingin memlihara anjing atau kucing, pastikan Anda tahu cara merawat bulu mereka agar tidak rontok dan aman pula bagi balita. Jika Anda memutuskan untuk memelihara ikan, cari tahu cara menguras akuarium dan cara mengganti air lama dengan yang baru.
5. Tidak Berhenti Menyayangi Mereka
Binatang peliharaan
Binatang peliharaan. (Foto: Pixabay)
Anda dan keluarga mesti bisa menyayangi binatang peliharaan, meski mereka sudah tidak berukuran kecil lucu lagi. Sewaktu-waktu, jika binatang Anda mengalami kecacatan, jangan sampai Anda meninggalkan dan membuang mereka.
ADVERTISEMENT
Binatang juga bisa merasa senang, marah, takut dan sedih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan