kumparan
30 Agustus 2018 17:08

5 Tanda Hamil yang Perlu Ibu Waspadai

Ilustrasi Tanda Hamil Mencurigakan (Foto: Thinkstock)
Mual dan muntah merupakan tanda hamil yang umum dialami oleh setiap ibu. Namun, ada juga beberapa tanda hamil yang bisa menjadi sebuah pertanda kalau kondisi kehamilan ibu sedang bermasalah.
ADVERTISEMENT
Kondisi kehamilan seperti itu tentu berisiko bagi kesehatan ibu dan janin. Nah, apa saja tanda hamil yang bisa menjadi pertanda gangguan kehamilan yang serius?
Mengalami keputihan yang hebat
Keputihan saat hamil merupakan hal yang wajar terjadi. Terutama pada trimester pertama, leher rahim dan dinding vagina akan menjadi lebih sensitif. Hal ini lah yang menyebabkan banyak cairan keluar dari vagina.
Namun, saat memasuki trimester ketiga, keputihan biasanya sudah mulai berkurang karena janin sudah mulai membesar dan menekan kantung kemih. Tapi jika keputihan ini terus berlanjut dan memiliki warna yang keruh seperti hijau atau kuning (disertai bau), maka Anda harus waspada. Hal itu merupakan tanda hamil yang perlu Anda waspadai.
ADVERTISEMENT
Anda mengalami mual dan muntah yang parah
Mual saat hamil. (Foto: Thinkstock)
Mual saat hamil memang biasa dialami oleh banyak ibu. Biasanya rasa mual dialami pada trimester pertama. Namun jika rasa mual berkepanjangan dan diikuti dengan nafsu makan yang berkurang, sakit kepala, anemia dan dehidrasi, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi.
Anda mengalami kram perut
Sama halnya dengan menstruasi, kram perut juga bisa dirasakan saat hamil. Terutama pada trimester pertama, kram pada perut bisa sangat menyiksa Anda. Namun biasanya, memasuki trimester kedua dan ketiga, kram perut sudah tidak lagi dirasakan.
Tapi, apabila kram perut terus dirasakan meski sudah memasuki trimester ketiga, maka bergegaslah ke dokter untuk memeriksakan kondisi ini. Kram berlebihan bisa menjadi tanda janin mati dalam kandungan, Moms.
ADVERTISEMENT
Janin jarang bergerak
Ilustrasi janin dalam kandungan. (Foto: Thinkstock)
Adanya gerakan janin merupakan salah satu tanda bahwa kehamilan baik-baik saja. Tapi jika pola pergerakannya berubah (berhenti atau berkurang) khususnya pada usia kehamilan 28 minggu, segera hubungi dokter. Ini berarti terjadi sesuatu dengan janin yang dikandung.
Perdarahan
Perdarahan adalah tanda hamil berbahaya yang tidak boleh disepelekan. Perdarahan biasanya terjadi pada usia kehamilan trimester pertama. Bila hanya keluar sedikit, perdarahan masih bisa dianggap normal. Namun, bila jumlahnya banyak, sering terjadi, dan warnanya terlihat merah segar, Anda harus segera menghubungi dokter. Biasanya perdarahan berbahaya akan dibarengi dengan rasa nyeri hebat di bagian rahim.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan