Mom
·
14 September 2021 16:30
·
waktu baca 2 menit

6 Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya (71112)
searchPerbesar
bayi makan pakai celemek Foto: Shutterstock
Sebagai ibu, Anda mungkin akan mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli celemek untuk bayi. Ya Moms, saat ini celemek bayi punya beragam jenis yang disesuaikan dengan fungsinya.
ADVERTISEMENT
Ada celemek khusus untuk bayi makan, ada juga celemek yang ditujukan untuk membersihkan air liur. Nah, agar Anda tidak bingung saat akan membeli celemek, berikut beberapa jenis celemek bayi dan juga fungsinya yang bisa Anda pertimbangkan.

Beragam Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya

1. Celemek Silikon
6 Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya (71113)
searchPerbesar
Celemek bayi. Foto: Shutter Stock
Celemek silikon memiliki bahan yang lembut, fleksibel, dan tahan air. Celemek ini sangat cocok digunakan saat bayi sedang makan karena mudah dibersihkan dari serpihan makanan. Beberapa celemek silikon juga memiliki bibir atau saku di bagian bawah untuk menampung makanan yang dijatuhkan si kecil sehingga tidak berceceran ke lantai atau ke pangkuannya.
2. Celemek Plastik
6 Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya (71114)
searchPerbesar
Celemek bayi. Foto: Shutter Stock
Celemek plastik bentuknya sama seperti celemek kain, tapi terbuat dari plastik tahan air yang dapat dibersihkan. Beberapa celemek jenis ini juga memiliki kantong untuk remah-remah, tetapi tidak sebagus celemek silikon. Namun celemek plastik ini lebih besar sehingga dapat menutupi bahu atau pangkuan bayi.
ADVERTISEMENT
3. Celemek Kain
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
6 Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya (71115)
searchPerbesar
Celemek bayi. Foto: Shutter Stock
Celemek kain ini tidak disarankan untuk makan, namun bisa digunakan untuk membersihkan air liur bayi, Moms. Sebab celemek kain ini mudah menyerap air liur. Kemudian, jangan lupa untuk membeli celemek yang berbahan lembut dari katun, muslin, atau terry.
4. Celemek Bandana
6 Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya (71116)
searchPerbesar
Celemek bayi. Foto: Shutter Stock
Celemek bandana sebenarnya sama saja seperti celemek kain, hanya bentuk modelnya saja yang seperti bandana motor. Celemek ini sangat bagus digunakan saat bayi bepergian karena bentuknya yang fashionable. Selain itu, celemek bandana juga cocok dikenakan oleh segala usia.
5. Celemek Baju
6 Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya (71117)
searchPerbesar
Celemek bayi. Foto: Shutter Stock
Seperti namanya, celemek baju dipakai seperti kaos sehingga dapat menutupi bayi dari leher hingga lutut. Jenis celemek ini sangat cocok untuk melindungi baju bayi yang berwarna putih atau saat sedang menggunakan pakaian rapi dan makan di luar rumah.
ADVERTISEMENT
6. Celemek Sekali Pakai
6 Jenis Celemek Bayi dan Fungsinya (71118)
searchPerbesar
Celemek bayi. Foto: Shutter Stock
Meskipun mungkin tidak praktis untuk penggunaan sehari-hari, celemek sekali pakai ini sangat cocok digunakan saat Anda sedang berlibur atau menghadiri acara. Sebab jika makanan berantakan, celemek ini tinggal dibuang saja dan tidak perlu dibersihkan, Moms.