kumparan
26 Agustus 2018 16:32

6 Tanda Hamil Kebo, Adakah yang Anda Alami?

Ibu hamil makan sehat.
Ibu hamil makan sehat. (Foto: Thinkstock)
"Lagi hamil kok enggak morning sickness? Tanda hamil kebo, tuh"
ADVERTISEMENT
Moms, pernahkah Anda mendengar istilah hamil kebo? Istilah ini memang tidak dikenal di dunia medis, tapi sering disematkan untuk ibu hamil yang minim keluhan dan tidak mengalami masalah-masalah yang biasa dialami wanita hamil. Misalnya saja, mual, muntah-muntah, tidak nafsu makan, pusing, sakit kepala, rasa nyeri pada bagian pinggang, lemas atau merasa tidak bertenaga, gampang ngantuk, mudah letih, rasa sakit pada payudara, sensitif, cepat tersinggung atau sedih, hingga ngidam.
Salah satu penyebab hamil kebo adalah perubahan hormon yang berbeda-beda pada setiap ibu hamil. Lalu, apa saja tanda hamil kebo yang sering dialami ibu hamil?
1. Tidak mengalami morning sickness
Ilustrasi ibu hamil memasak.
Ilustrasi ibu hamil memasak. (Foto: Shutterstock)
Mual dan muntah merupakan salah satu tanda hamil yang normal dialami oleh semua ibu. Keadaan mual dan muntah ini sering kali disebut sebagai morning sickness. Bagi ibu hamil yang mengalami hamil kebo, mual dan muntah ini sejatinya akan lebih jarang dirasakan bahkan bisa jadi tidak muncul sama sekali.
ADVERTISEMENT
2. Ibu hamil suka berpergian
Menyetir mobil saat hamil.
Menyetir mobil saat hamil. (Foto: Thinkstock)
Tanda tanda hamil kebo lainnya yang dapat ditunjukan oleh ibu hamil adalah kondisi di mana keinginannya untuk sering berpergian sangat tinggi. Ibu hamil yang mengalami hamil kebo sering kali merasa bosan ketika harus berada di rumah setiap harinya. Hebatnya lagi, meski sering bepergian, ibu tidak akan merasa mudah lelah maupun lemas dibandingkan dengan ibu hamil pada umumnya.
3. Sangat suka makan dan tidak pilih pilih makanan
Ibu hamil makan sehat.
Ibu hamil makan sehat. (Foto: Thinkstock)
Ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama lebih sering merasa mual dan muntah ketika mengonsumsi makanan, sehingga ia akan pilih-pilih saat makan. Pada ibu dengan hamil kebo, kondisi ini tidak akan terjadi sehingga ia akan sangat suka makan bahkan bisa mengonsumsi makanan jenis apapun tanpa merasakan mual dan muntah.
ADVERTISEMENT
4. Lebih suka tidur dan malas melakukan aktivitas
Ilustrasi ibu hamil tidur nyenyak
Ilustrasi ibu hamil tidur nyenyak. (Foto: Thinkstock)
Kondisi lainnya yang juga menjadi tanda hamil kebo adalah keadaan di mana ibu lebih suka tidur dan malas melakukan aktivitas. Ibu yang mengalami hamil kebo bisa tidur di manapun dan malas untuk beranjak dari tempat tidur. Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan kondisi ibu hamil pada umumnya yang kebanyakan susah tidur.
Tanda hamil kebo yang telah disebutkan di atas biasanya ditunjukan sejak awal kehamilan sampai dengan menjelang proses persalinan, Moms. Kondisi hamil kebo ini hanya dapat terjadi pada beberapa ibu hamil dan merupakan keadaan yang bisa jadi normal dan bisa jadi membahayakan kesehatan ibu hamil tergantung penyebab dan diagnosis dokter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan