Mom
·
17 Februari 2020 10:25

7 Jenis Ikan yang Bisa Jadi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Jenis Ikan yang Bisa Jadi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil (935691)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil hitung dana persalinan Foto: Thinkstock
Ikan menjadi salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Ya, kandungan yang terdapat pada ikan, seperti protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 esensial sangat baik untuk ibu dan janin. Bahkan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, seperti dikutip dari Mayo Clinic menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi sekitar 8-12 ons (setara 2-3 porsi) makanan laut alias seafood dalam seminggu.
ADVERTISEMENT
Namun, tidak semua jenis ikan dapat dikonsumsi ibu hamil, Moms. Selama kehamilan, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri rendah dan menghindari berbagai jenis ikan yang kandungan merkurinya tinggi.
7 Jenis Ikan yang Bisa Jadi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil (935692)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil makan ikan Foto: Shutter Stock
Ya Moms, mengkonsumsi ikan bermerkuri tinggi bisa membahayakan janin. Merkuri tinggi yang terkandung di dalam ikan dapat merusak otak dan sistem saraf bayi yang tengah berkembang.
Nah, lebih lanjut, kumparanMOM telah merangkum beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil sebagai berikut.
  1. Ikan salmon
7 Jenis Ikan yang Bisa Jadi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil (935693)
searchPerbesar
Sate Salmon. Foto: Shutter Stock
Ikan salmon dapat dikonsumsi selama kehamilan. Sebab kandungan merkuri di dalamnya rendah. Tak hanya itu, ikan salmon juga sering direkomendasikan untuk ibu hamil karena dikenal sebagai sumber protein berkualitas tinggi. Kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan salmon juga dapat mendukung perkembangan otak janin dan membantu mengatasi depresi yang kerap dirasakan ibu hamil.
ADVERTISEMENT
  1. Ikan mas
Ikan mas menjadi salah satu ikan yang mudah Anda temukan. Jenis ikan ini pun cenderung aman dari kontaminasi merkuri. Namun sebelum menyantapnya, Anda harus memastikan bahwa ikan tersebut dimasak matang untuk menghindari risiko penyakit akibat bakteri listeria monocytogenes --salah satu pemicu keguguran.
  1. Ikan lele
7 Jenis Ikan yang Bisa Jadi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil (935694)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan lele. Foto: Shutterstock
Sama halnya dengan ikan mas, ikan lele juga mudah ditemukan. Selain kaya protein, ikan lele kaya akan vitamin B12 yang baik untuk ibu dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Mengkonsumsi satu ikan lele saja sudah dapat memenuhi 40 persen kebutuhan harian vitamin B12 yang sangat baik untuk pembentukan darah dan memecah makanan yang dikonsumsi ibu hamil menjadi energi.
  1. Ikan teri
Meski harga ikan teri di pasaran relatif terjangkau, Anda jangan meremehkan nutrisi yang terkandung di dalamnya, Moms. Sebab, ikan teri kaya akan zat besi yang dapat mencegah ibu hamil terkena anemia. Selain itu, kandungan proteinnya juga dapat menguatkan otot sehingga Anda tidak mudah lelah ataupun lesu. Kalsium dan vitamin yang terdapat pada ikan teri juga baik untuk ibu dan janin dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
  1. Ikan tuna
7 Jenis Ikan yang Bisa Jadi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil (935695)
searchPerbesar
Ikan tuna Foto: Thinkstock
Ibu hamil juga baik mengkonsumsi ikan tuna. Kandungan vitamin B6 yang terdapat di dalam ikan tuna bisa membantu produksi hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda, Moms. Tak hanya itu, vitamin B6 ini juga dapat menekan tingkat stres dengan membantu produksi hormon serotonin dan norepinefrin.
  1. Ikan nila
Kendati namanya tak sepopuler ikan salmon dan tuna, namun ikan nila termasuk salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan di pasaran. Kadar lemaknya yang rendah sangat cocok untuk ibu hamil yang memiliki masalah dengan kolesterol. Selain itu, kandungan fosfor yang terkandung dalam ikan nila juga dapat membantu pembentukan gigi dan tulang janin.
  1. Ikan sarden
7 Jenis Ikan yang Bisa Jadi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil (935696)
searchPerbesar
Ilustrasi sarden kaleng. Foto: Shutterstock
Ikan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menangkal depresi dan mood swing ibu hamil. Kandungan vitamin D yang terkandung di dalamnya pun sangat baik untuk pertumbuhan tulang janin, Moms. Namun, karena biasanya ikan sarden mudah dicari dalam bentuk kemasan kaleng, Anda tetap harus membatasi konsumsi makanan kalengan, ya!
ADVERTISEMENT