kumparan
Mom28 Mei 2019 12:29

7 Tips Supaya Ibu Enggak Gampang Stres

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi Ibu Stres
Ilustrasi Ibu Gagal Paham akibat Ulah Balita Foto: Shutterstock
Menjadi seorang ibu memang pekerjaan yang susah-susah gampang. Kalau anak Anda lebih dari satu, maka cara menghadapinya saja bisa sangat berbeda. Belum lagi, risiko dari kewajiban di kantor dan semua hal lainnya yang buat Anda jadi rentan stres.
ADVERTISEMENT
Dampaknya, Anda mulai merasa tidak nyaman terhadap diri sendiri dan mudah tersinggung oleh orang-orang sekitaran Anda. Jangan dianggap sepele maupun ditumpuk begitu saja, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa Anda perlu hiburan! Karenanya, biasakanlah melakukan hal-hal yang disukai sebelum stres menimpa Anda. Berikut Jangan biarkan stres memenuhi hari-hari Anda, Moms, lebih baik dicegah pakai tips ini. rangkum tipsnya, yang bisa Anda praktikkan sekarang juga:
Berlibur
Cuti Kerja
Ilustrasi Liburan Foto: dok. Pixabay
Ambil cuti kantor sejenak, Moms, bila Anda adalah seorang ibu bekerja. Lalu buatlah destinasi liburan bersama pasangan untuk menyegarkan pikiran sementara waktu. Tak perlu harus ke luar negeri atau tempat berlibur yang mahal, staycation di hotel alias stay vacation juga bisa jadi pilihan untuk menikmati suasana baru.
ADVERTISEMENT
Lantas si kecil? Anda bisa membiarkan ia habiskan waktu bersama kakek-neneknya dulu, misalnya. Hal ini juga berlaku bagi ibu rumah tangga, sebab siapa saja perlu rehat sejenak, kan.
Olahraga
Ilustrasi Olahraga
Ilustrasi Kundalini Yoga. Foto: Shutter Stock
Bila liburan dalam waktu dekat masih terasa belum memungkinkan, maka aktif bergerak juga bisa melepas hormon stres lho, Moms. Coba lakukan rutin 30 - 45 menit berolah raga sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, dan rasakan perasaan lega dan senang setelah olahraga. Ini karena adanya hormon bahagia endorfin yang diproduksi.
Nonton Film Komedi
Ilustrasi menonton tayangan TV Korea
Ilustrasi menonton tayangan TV Korea. Foto: Pixabay
Menurut penelitian, tertawa lepas juga dapat melepas hormon stres. Pancing dengan nonton film-film komedi saja, Moms! Pilih yang selama ini sudah ingin Anda tonton dan biarkan waktu kira-kira selama dua jam itu untuk mengisi ulang energi ke dalam tubuh Anda.
ADVERTISEMENT
Bertemu Teman-teman
com-Makan bareng teman di restoran
com-Makan bareng teman di restoran Foto: Shutterstock
Menikah dan punya anak bukan berarti relasi dengan teman jadi terhalang. Memang, waktunya tak lagi sebebas saat Anda lajang, tapi tentu saja masih bisa direncanakan pertemuan demi pertemuan untuk bersenda gurau dan tertawa banyak-banyak bersama mereka!
Cukup Istirahat
Ilustrasi hidup sehat, Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur. Foto: Shutter Stock
Jangan sepelekan waktu istirahat. Karena, beristirahat adalah salah satu cara yang baik untuk mengatasi stres. Sebaliknya, kurang istirahat justru bikin stres! Untuk itu, pastikan tidur Anda cukup dan carilah waktu untuk beristirahat di sela-sela kesibukan Anda, Moms.
Memang tidak mudah, tapi Anda bisa menyiasatinya dengan membagi tugas menjaga si kecil bersama suami, bukankah soal mengasuh buah hati tugas berdua?
Makan Makanan Favorit
Ilustrasi makanan Bali
Ilustrasi makanan Bali Foto: Shutterstock
Kesibukan terkadang membuat ibu sering kali lupa untuk makan secara teratur. Berhati-hatilah jika ini sering Anda lakukan. Karena, dengan tidak terpenuhinya kebutuhan tubuh akan gizi yang seimbang, daya tahan ibu terhadap stres semakin lemah. Karenanya, makanlah secara teratur terutama makanan favorit Anda. Juga biasakan mengonsumsi camilan sehat seperti crakers maupun buah-buahan.
ADVERTISEMENT
Me Time
Ilustrasi Mandi
Ilustrasi Mandi Air Hangat. Foto: Shutterstock
Sekalipun Anda sibuk, jangan lupakan waktu untuk diri Anda sendiri. Seperti pergi ke salon, membaca buku kesukaan, berendam air hangat sambil memutar lagu klasik, dan lain sebagainya. Tentu saja ini bukannya suatu kesalahan, sehingga buang rasa merasa bersalah Anda. Sebaliknya, cara ini dapat menghindarkan Anda dari stres dan tetap berbahagia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan