kumparan
12 Maret 2018 11:02

Alasan Kenapa Bayi Perlu Diajak Berdansa

Ilustrasi Ibu dan Bayi
Ilustrasi Ibu dan Bayi (Foto: Pixabay)
Apakah Anda suka berdansa, Moms? Bila ya, jangan hentikan hobi Anda ini setelah punya bayi ya. Bila tidak, mungkin sekarang saat yang tepat untuk Anda mulai melakukannya.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya menyenangkan untuk Anda, berdansa ternyata juga dapat memberi manfaat pada bayi. Berdansa dapat membantu menenangkan bayi karena memberi bayi rasa aman. Rasa aman ini penting, karena kehangatan dan rasa aman adalah salah satu stimulasi yang dapat mencerdaskan bayi.
Tidak hanya itu, masih ada beberapa alasan lain kenapa bayi perlu diajak berdasan sebagaimana yang kumparanMom (kumparan.com) rangkum berikut ini. Apa saja?
Telinga anak
Telinga anak (Foto: Pixabay)
1. Merangsang Indera
Saat berdansa diiringi musik, bayi akan mendengarkan aneka ragam bunyi dan nada lagu. Belum lagi bila jenis lagu yang Anda pasang juga beragam. Ini akan merangsang kepekaan indera pendengar bayi. Semakin beragam bunyi yang bayi dengar, semakin 'pintar' dan peka inderanya.
2. Melatih Keseimbangan
ADVERTISEMENT
Namanya juga berdansa, tidak mungkin kan Anda hanya diam saja? Nah, saat Anda melangkah atau bergoyang sambil menggendongnya, bayi akan merasakan gerak yang tidak hanya menyenangkan tapi membantunya melatih keseimbangan.
Keseimbangan sangat diperlukan oleh bayi sebagai modalnya belajar merangkak, merambat, berdiri hingga berjalan nanti.
Bayi
Bayi. (Foto: Thinstock)
3. Membangun Kedekatan
Jangan lupa tersenyum dan tatap mata si kecil penuh kasih ketika mengajaknya berdansa, Moms. Ini akan membuat bayi merasa dicintai dan meningkatkan kelekatan Anda dengannya. Selain itu, tatapan dan senyuman Anda juga dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional bayi.
Nah, banyak kan, manfaatnya? Lalu bagaimana cara yang tepat untuk berdansa dengan bayi? Tidak sulit, kok.
Gendong saja si kecil dengan posisi nyaman lalu putar lagu dari music player atau smartphone Anda dan mulailah berdansa dengan sedikit menggoyang-goyangkan si kecil mengikuti irama.
ADVERTISEMENT
Anda bisa memilih musik yang memilki melodi yang harmonis bagus untuk bayi, apapun jenis musiknya. Misalnya musik jazz, pop, bahkan musik tradisional. Perhatikan, yang mana yang lebih disukai oleh bayi Anda. Tapi pastikan suara musik tidak terlalu keras mengingat perkembangan pendengaran si kecil masih rentan.
Jika sulit mencari lagu yang sesuai, Anda dapat mengganti dengan mengajak bayi berdansa sambil menyanyikan sendiri lagu anak-anak yang menarik atau mungkin lagu ciptaan Anda sendiri.
Selamat berdansa!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan