Mom
·
29 Juli 2021 13:42
·
waktu baca 2 menit

Anak Mona Ratuliu Punya Lesung Pipi, Benarkah karena Faktor Keturunan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anak Mona Ratuliu Punya Lesung Pipi, Benarkah karena Faktor Keturunan? (602293)
searchPerbesar
Anak Mona Ratuliu Punya Lesung Pipi, Benarkah karena Faktor Keturunan? Foto: Instagram/@monaratuliu
Gemasnya bila melihat bayi punya lesung pipi di wajah. Senyumnya jadi semakin manis dan menawan! Seperti anak bungsu Mona Ratuliu, Numa Kumala Srikandi.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, dalam beberapa potret yang dibagikan Mona di Instagram pribadinya, si kecil seringkali tersenyum manis dengan lesung pipinya.
"Si lesung pipit sebelah mau senyumin om tante nih! Semangat terus ya om tante! Kayak aku nih," tulis Mona Ratuliu dalam keterangan di unggahannya itu.
Namun bicara soal lesung pipi, banyak orang yang beranggapan bahwa ini merupakan faktor keturunan alias genetik dari orang tua sang anak. Tapi, benarkah demikian?

Penjelasan soal Asal Lesung Pipi pada Bayi

Anak Mona Ratuliu Punya Lesung Pipi, Benarkah karena Faktor Keturunan? (602294)
searchPerbesar
Anak Mona Ratuliu dengan lesung pipi. Foto: Instagram/monaratuliu
Sebelumnya perlu dipahami bahwa lesung pipi seringnya terdapat pada kedua pipi, kanan dan kiri. Namun, ada pula yang hanya muncul di salah satu pipi walaupun hal ini lebih jarang terjadi. Bahkan selain di pipi, lesung atau lekukan juga bisa muncul di area dagu.
ADVERTISEMENT
Meski tampak menarik, lekukan itu ternyata merupakan sebuah kelainan pada otot pipi. Genetic Australia dalam laman resminya menjelaskan, lesung pipi muncul karena ada otot wajah yang memendek dan tertarik ke dalam ketika tersenyum.
Anak Mona Ratuliu Punya Lesung Pipi, Benarkah karena Faktor Keturunan? (602295)
searchPerbesar
Anak Mona Ratuliu Punya Lesung Pipi, Benarkah karena Faktor Keturunan? Foto: Instagram/@monaratuliu
Kelainan variasi otot ini merupakan satu hal yang diwariskan secara genetis. Sifat genetis ini bahkan digolongkan sebagai gen yang dominan. Artinya, jika salah satu dari orang tua punya lesung pipi, kemungkinan besar anaknya juga.
Namun sayangnya, hingga kini belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa gen pembawa sifat lesung pipi itu dominan, Moms.
Mengutip laman Genetic Science Learning Center University of Utah, Amerika Serikat, pewaris lesung pipi tidak sepenuhnya dapat ditebak karena digolongkan sebagai sifat gen yang tidak teratur. Para ahli juga belum menemukan gen spesifik yang membawa sifat lesung pipi.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ternyata ada penyebab lain kenapa sebagian bayi terlahir dengan lesung pipi padahal kedua orang tuanya tidak punya. Smithsonian Magazine melansir, bayi biasanya punya lesung pipi karena banyaknya lemak pada pipinya. Lesung pipi jenis ini biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia anak.
Sementara, anak yang punya lesung pipi karena genetis biasanya akan bertahan seumur hidup. Bagaimana dengan lesung pipi yang dimiliki Numa? Tampaknya lesung pipi yang ada pada Numa diturunkan oleh sang ibu, Mona Ratuliu.