Mom
·
19 September 2020 11:01

Anak Takut ke Dokter Gigi? Hadapi dengan Tips Ini, Moms

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anak Takut ke Dokter Gigi? Hadapi dengan Tips Ini, Moms (29866)
Ilustrasi dokter gigi anak. Foto: Shutterstock
Bagi banyak anak, pergi ke dokter gigi bisa jadi hal yang sangat menakutkan. Belum masuk ke ruangan saja, beberapa anak mungkin sudah panik karena takut akan bertemu dokter gigi. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertamanya.
ADVERTISEMENT
Bila sudah begini, Anda atau suami harus pintar-pintar membujuknya agar si kecil bersedia diperiksa oleh dokter. Sebab, untuk menjaga kesehatan gigi anak, Anda perlu rutin memeriksakannya ke dokter.
Nah Moms, agar anak tidak takut pergi ke dokter gigi, coba ikuti tips dari drg. Dita Firdiana berikut ini.

1. Jelaskan pada anak

Anak Takut ke Dokter Gigi? Hadapi dengan Tips Ini, Moms (29867)
Ilustrasi dokter gigi memeriksa gigi anak Foto: Shutter Stock
Sebelum berangkat ke dokter gigi, Anda dan suami bisa menjelaskan secara singkat pada anak tujuan berkunjung ke dokter gigi. Katakan padanya bahwa dokter yang akan memeriksanya adalah orang yang baik dan tak akan menyakiti. Sehingga, ia tidak perlu cemas.
"Kalau perlu coba contohkan dulu di rumah oleh orang tua dengan cara bermain peran," tambahnya saat memaparkan materi dalam Kuliah WhatsApp 'Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak dari Karies', beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT

2. Bermain peran

Ya Moms, Anda juga bisa bermain peran dengan anak layaknya pergi ke dokter gigi sungguhan. Cobalah untuk meniru saat mengantre, menunggu panggilan, masuk ke ruangan, mendapat perawatan, hingga akhirnya selesai.
"Tapi hindari menirukan suara mesin bor gigi atau instrumen lain yang bisa bikin anak gelisah atau takut," pesan drg. Dita.
Selanjutnya biarkan anak bermain peran dengan bonekanya. Biarkan si kecil menikmati kegiatan tersebut, sehingga anak akan merasa nyaman saat benar-benar harus pergi ke dokter gigi.

3. Jangan menakutinya

Tips selanjutnya yang diberikan oleh drg. Dita adalah jangan pernah menakuti anak baik ketika masih di rumah atau sudah sampai ke tempat praktik dokter. Sebab, dengan menakuti anak, secara tidak langsung Anda membentuk persepsinya bahwa pergi ke dokter gigi adalah hal yang menyakitkan. Dampaknya anak akan menganggap dokter gigi adalah sosok yang menakutkan, Moms.
ADVERTISEMENT

4. Ajak menonton video tentang dokter gigi

Anak Takut ke Dokter Gigi? Hadapi dengan Tips Ini, Moms (29868)
Ilustrasi dokter gigi anak Foto: Shutter Stock
Selain beberapa tips di atas, Anda dapat mengajak anak menonton video, film atau kartun yang membahas soal dokter gigi dan anak.
"Atau bacakan buku bergambar dengan ilustrasi rinci dan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak sehingga anak terbayang seperti apa sih rasanya periksa ke dokter gigi," jelas drg. Dita.
Bila anak sudah terbiasa melihat tayangan atau mendengar cerita seputar kesehatan dan dokter gigi, diharapkan si kecil tidak akan takut bila diajak atau malah akan berinisiatif ingin pergi ke dokter gigi dan memeriksakan giginya sendiri, Moms.
Selamat mencoba!