Mom
·
18 November 2020 13:52

Bayi Belajar Duduk di Usia 4 Bulan seperti Anak Zaskia Adya Mecca, Normalkah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bayi Belajar Duduk di Usia 4 Bulan seperti Anak Zaskia Adya Mecca, Normalkah? (115104)
Zaskia Adya Mecca dan anaknya Bhaj Kama Foto: Instagram @zaskiadyamecca
Zaskia Adya Mecca menjadi salah satu selebriti sekaligus ibu dari lima anak yang aktif di media sosial, terutama Instagram. Ya, perempuan yang akrab disapa Kia itu sering membagikan berbagai momen bersama keluarga tercintanya. Bahkan, ia pun tak sungkan untuk berbagi cerita tentang anak-anaknya itu.
ADVERTISEMENT
Tak hanya Zaskia, tapi sang suami, Hanung Bramantyo juga terkadang mengabadikan momen kelima anaknya di Instagram pribadinya. Belum lama ini, ia mengunggah foto anak kelimanya, Bhaj Kama Bramantyo seolah tengah belajar duduk di sofa. Di foto tersebut terlihat ada dua bantal di sebelah kiri dan kanan si kecil yang baru berusia 4 bulan itu. Bhaj Kama bersandar di sofa tersebut dengan ekspresi yang menggemaskan!
Namun bicara soal bayi belajar duduk, sebenarnya adakah usia tepat si kecil bisa duduk? Bagaimana bila ada bayi yang belum bisa belajar duduk di usia 4 bulan seperti yang dilakukan anak Zaskia Adya Mecca?

Kapan Bayi Bisa Duduk?

Bayi Belajar Duduk di Usia 4 Bulan seperti Anak Zaskia Adya Mecca, Normalkah? (115105)
Zaskia Adya Mecca dan anaknya Bhaj Kama Foto: Instagram @zaskiadyamecca
Dilansir Baby Center, setelah otot punggung dan leher bayi tegak dan dia tahu dia tidak akan roboh, si kecil akan segera bisa duduk. Tapi ingat, setiap bayi berbeda-beda sehingga kapan ia bisa melakukannya mungkin juga berbeda dengan anak saudara, teman atau tetangga Anda, Moms.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, bayi Anda mungkin akan mempelajari hal ini antara usia 4 dan 7 bulan, setelah ia mampu berguling dan mengangkat kepalanya. Bila bayi Anda belum bisa duduk mandiri --tanda bersandar atau berpegangan pada usia 9 bulan, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.
Anda juga perlu tahu bagaimana proses bayi belajar duduk. Walaupun Anda melihat si kecil seolah sudah mulai bisa duduk, bayi belum bisa belajar duduk mandiri bila ia belum memiliki kendali kepala.
Bayi Belajar Duduk di Usia 4 Bulan seperti Anak Zaskia Adya Mecca, Normalkah? (115106)
Ilustrasi bayi belajar duduk bersama ibu Foto: Shutterstock
Perhatikanlah, mulai dari 4 bulan, otot leher dan kepala bayi Anda menguat dengan cepat, dan ia akan belajar dan mengangkat kepalanya saat ia berbaring tengkurap. Selanjutnya, ia akan mencari cara untuk menopang dirinya pada lengannya dan menahan dadanya dari permukaan tempat ia diletakkan. Lantai atau kasur misalnya. Ini akan tampak seperti bayi tengah melakukan push-up mini.
ADVERTISEMENT
Saat si kecil menginjak usia 5 bulan, ia mungkin bisa duduk sebentar tanpa bantuan. Karena baru bisa sebentar, bayi butuh dukungan. Misalnya, dukungan dari bantal-bantal yang mengelilinginya dengan untuk melindungi kemungkinan roboh atau jatuh. Dukungan seperti ini juga akan mendorong minat bayi untuk bertahan dalam posisi duduk lebih lama.
Kemudian di usia 7 bulan, ia mungkin akan dapat duduk tanpa didukung sehingga tangannya pun akan lebih bebas menjelajah. Seperti memegang mainan atau meraih benda-benda di sekitarnya. Bayi juga akan belajar bagaimana mencapai poros untuk mencapai objek yang diinginkan sambil duduk. Hingga akhirnya pada usia 8 bulan, dia kemungkinan akan benar-benar bisa mantap duduk mandiri tanpa dukungan.
Jadi bila si kecil yang sudah berusia 4 bulan belum bisa belajar duduk seperti yang dilakukan anak Zaskia Adya Mecca, tak perlu khawatir berlebihan ya, Moms. Bersabarlah dan terus bantu bayi melatih kemampuannya tanpa memaksa.
ADVERTISEMENT