Mom
·
4 Desember 2020 14:08

Belum 1 Tahun, Shandy Aulia Ajak Anaknya Berenang! Aman Enggak, Ya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Belum 1 Tahun, Shandy Aulia Ajak Anaknya Berenang! Aman Enggak, Ya? (9687)
Shandy Aulia dan anaknya, Claire bermain finger painting. Foto: Instagram/ @shandyaulia
Shandy Aulia merupakan salah satu selebriti yang sering membagikan berbagai momen bersama sang anak, Claire Herbowo. Baru-baru ini, istri dari David Herbowo itu pun mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya bersama Claire tengah berenang. Menariknya, dalam video tersebut tampak Claire yang begitu senang diajak ibunya berenang. Bahkan, sang ibu pun beberapa kali mengajak Claire menyelam!
ADVERTISEMENT
Dari unggahan tersebut, Shandy pun mendapatkan respons dari netizen dan rekan selebriti lainnya. Rata-rata dari mereka memuji kehebatan si kecil yang baru berusia 9 bulan itu yang sudah berani berenang. Tapi sebenarnya, adakah usia tepat ajak bayi berenang ya, Moms?

Kapan Bayi Boleh Diajak Berenang?

Belum 1 Tahun, Shandy Aulia Ajak Anaknya Berenang! Aman Enggak, Ya? (9688)
Shandy Aulia dan Claire berenang. Instagram @shandyaulia
Moms, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya air bukanlah suatu hal baru bagi si kecil. Ya, karena selama di dalam kandungan, ia sudah terbiasa 'berenang' di dalam cairan ketuban. Bahkan, setiap bayi memiliki bekal berupa insting refleks akuatik yang dibawanya sejak masih di dalam ketuban --di dalam perut Anda.
Namun seiring bertambahnya usia anak, insting tersebut menghilang bertahap setelah ia berusia kurang lebih 1 tahun. Maka, agar insting tersebut tetap dapat bertahan, Anda dianjurkan dapat memperkenalkan anak dengan berenang sedini mungkin.
ADVERTISEMENT
The National Health Service (NHS) dalam laman resminya menjelaskan bahwa bayi bisa mulai berenang di usia berapa pun, bahkan tak perlu menunggu sampai ia mendapat imunisasi pertamanya. Namun, biasanya orang tua akan mulai mengajak anaknya berenang ketika si kecil berusia 4 bulan --saat kepalanya sudah tegak, ia sudah bisa belajar duduk karena otot punggung dan tulang-tulang belakangnya mulai menguat. Atau ada pula orang tua yang menunggu sampai bayi mereka berusia 6 bulan, yakni saat dirinya sudah mampu duduk dengan baik.
Bila Anda ingin mengajak bayi Anda berenang, tak perlu terburu-buru ya, Moms. Karena Anda bisa mengajarkannya secara bertahap. Waktu pertama kali, Anda bisa tentukan waktu selama 10 menit misalnya. Kemudian, untuk latihan kedua dan seterusnya waktunya bisa ditingkatkan menjadi sekitar 30 menit.
ADVERTISEMENT
Manfaat Berenang untuk Bayi
Adapun berenang tentu memiliki beragam manfaat untuk bayi. Menurut pasangan pelatih renang anak-anak yang juga pemilik Lifestyle Swim School di Florida, Amerika Serikat, Rob dan Kathy McKay manfaat berenang untuk si kecil di antaranya:
1. Membuat fisik menjadi sehat.
2. Memperlancar sirkulasi darah dan kerja organ-organ tubuh, seperti paru.
3. Meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot-otot tubuh.
4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
5. Membentuk kepribadian anak
6. Sarana mengembangkan kemampuan bersosialisasi anak.
7. Meningkatkan bonding antara orang tua dan anak.
Namun karena kita kini masih dalam situasi pandemi, cermatlah dalam memilih kolam ya, Moms. Berenanglah di kolam renang pribadi atau pelajari dulu dengan seksama protokol kesehatan yang berlaku bila hendak pergi ke kolam renang umum untuk mengajak anak berenang seperti Shandy Aulia.
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini.