Mom29 Januari 2018 9:01

Benarkah Pil KB Bikin Gemuk?

Konten Redaksi kumparan
Benarkah Pil KB Bikin Gemuk? (1163229)
Ibu gemuk (Foto: Pixabay)
Si kecil sudah lahir. Untuk menjaga kesehatan reproduksi dan memberi waktu agar Anda bisa fokus pada bayi, Anda mulai memikirkan rencana menggunakan kontrasepsi. Pil KB yang praktis, menarik hati Anda. Tapi beberapa komentar orang membuat Anda ragu. Katanya, pil KB bikin gemuk!
ADVERTISEMENT
Sebelum percaya begitu saja, Anda perlu lebih mengetahui beberapa fakta tentang pil KB, Moms.
Dulu, dikenal jenis pil KB Kombinasi yang terdiri dari 2 komponen hormon yaitu estrogen dan progesteron. Pil KB jenis ini memang dapat menimbulkan peningkatan berat badan. Hal ini merupakan suatu akibat dari efek yang disebut retensi cairan.
Retensi cairan sendiri adalah tertahan atau ditimbunnya cairan tubuh yang dalam penggunaan pil KB Kombinasi ini disebabkan oleh komponen estrogen dari pil KB tersebut. Penimbunan cairan inilah yang pada akhirnya merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan terjadinya peningkatan berat badan.
Selain peningkatan berat badan, retensi cairan dapat menimbulkan efek samping lain yang sering dirasakan pengguna pil KB saat itu. Misalnya rasa tegang di payudara, sakit kepala dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Tapi kini, tidak lagi. Karena pil KB 'kekinian' yang banyak beredar saat ini adalah pil KB yang kandungannya menyerupai hormon alami di tubuh Anda. Artinya, mampu mencegah terjadinya penumpukan cairan sehingga berat badan pun tetap stabil.
Seiring dengan kemajuan teknologi penelitian di bidang hormonal, telah ditemukan suatu bahan aktif komponen progesteron dari pil KB kombinasi yang dapat melawan efek penimbunan cairan oleh komponen estrogen tersebut. Bahan aktif ini disebut drospirenone. Drospirenon memiliki sifat inovatif yang unik yang bisa menghindari terjadinya efek retensi cairan akibat rangsangan komponen estrogren tadi.
Dengan dihindarinya efek retensi cairan ini, maka pengonsumsi pil KB dengan drospirenone kini dapat terhindar dari efek peningkatan berat badan akibat retensi cairan tersebut.
ADVERTISEMENT
Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir soal pil KB bikin gemuk kan, Moms?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white