Mom
·
9 November 2019 18:07

Beri Tahu Suami, Ini 8 Keuntungan yang Ia Dapat saat Menjadi Ayah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Beri Tahu Suami, Ini 8 Keuntungan yang Ia Dapat saat Menjadi Ayah (232228)
ibu hamil dan calon ayah - POTRAIT Foto: Shutterstock
Kehadiran anak bukan cuma menggemaskan Anda, tapi juga membawa manfaat bagi ayah dan ibunya. Bagaimana tidak, Anda berdua kini tengah dilatih untuk bisa menjaga emosi agar lebih stabil, memikirkan agar kondisi finansial juga dapat menutupi kebutuhan, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Khusus bagi para ayah, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran, Universitas Maryland, di Baltimore, AS, ayah yang turut terlibat dalam pengasuhan berdampak pada si kecil akan cenderung belajar lebih baik, punya harga diri yang tinggi dan jauh dari risiko depresi.
Beri tahu ayah, Moms, deretan manfaat kesehatan ini juga akan cenderung diperolehnya, mengutip dari laman Very Well Family:
Beri Tahu Suami, Ini 8 Keuntungan yang Ia Dapat saat Menjadi Ayah (232229)
anak dan ayah Foto: Shutterstock
1. Kebiasaan buruk hilang
Ada penelitian yang menunjukkan bahwa ketika pria menjadi seorang ayah, mereka akan menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok dan lebih memilih makanan rumahan yang dibuat Anda ketimbang makan di luar, Moms. Gaya hidupnya pun jadi lebih baik.
2. Lebih aktif
Ketika suami menjadi seorang ayah, ia lebih cenderung lebih aktif karena harus bermain dengan anak-anaknya dan merasa lebih sehat. Selain itu, sebuah pusat penelitian Pew menemukan, 54 persen ayah menghargai manfaat menjadi orang tua.
ADVERTISEMENT
3. Stres berkurang
Pria yang berada dalam hubungan keluarga yang sehat cenderung tak memiliki masalah kesehatan seperti stres. Masalah kesehatan seperti nyeri kronis, insomnia, masalah lambung, dan kelelahan tak terlalu bermasalah karena anak membawa kebahagiaan untuk ayah.
Beri Tahu Suami, Ini 8 Keuntungan yang Ia Dapat saat Menjadi Ayah (232230)
Ilustrasi Ayah dan Anak Perempuan. Foto: Shutter Stock
4. Pintar mengasuh anak
Pria yang sudah menjadi ayah memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengasuh anak. Tapi tak hanya untuk anak mereka, suami pun cenderung lebih perhatian kepada Anda, teman-teman, sampai rekan kerjanya.
5. Risiko depresi rendah
Moms, pria yang hidup sendiri cenderung memiliki risiko depresi dan kecenderungan ingin bunuh diri lebih tinggi daripada pria yang memiliki anak. Menurut penelitian dari Harvard Men's Health Watch menunjukkan dalam survei terhadap 127.545 orang dewasa Amerika bahwa pria yang menikah lebih sehat daripada mereka yang tidak menikah atau bercerai.
Beri Tahu Suami, Ini 8 Keuntungan yang Ia Dapat saat Menjadi Ayah (232231)
Ilustrasi Ayah dan Anak Perempuan. Foto: Shutter Stock
6. Kemampuan belajar anak lebih baik
ADVERTISEMENT
The Early Childhood Longitudinal Study menemukan bahwa anak-anak dari ayah yang bertanggung jawab dan terlibat belajar keterampilan hidup, cenderung lebih cepat dan lebih baik dalam belajar daripada anak-anak tanpa ayah yang terlibat dalam kehidupan mereka.
7. Kehidupan seks lebih baik
Nah ketika suami Anda sudah menjadi seorang ayah, kehidupan seksnya dengan Anda pun juga ikut membaik, Moms. Sebab suami juga lebih suka menikmati sosok pasangannya setelah melahirkan, lho.
8. Lebih bijak
Ya Moms, suami Anda akan menjadi pribadi yang lebih bijak ketika jadi seorang ayah. Lembaga Penelitian Kebijakan Publik Amerika mengungkapkan bahwa ayah yang memiliki hubungan baik dengan anak-anak mereka mengalami peningkatan kesejahteraan psikologis secara keseluruhan.