Mom
·
10 November 2020 11:21

Bolehkah Anak Balita Minum Susu Formula Kambing?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bolehkah Anak Balita Minum Susu Formula Kambing?  (176950)
susu formula - POTRAIT Foto: Shutterstock
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih susu formula untuk anak balita. Mulai dari rasa, kandungan gula, hingga protein yang terkandung di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Selama ini, umumnya kita mengenal dan memberikan susu formula sapi untuk anak. Namun sekarang ini, mulai bermunculan di e-commerce jenis susu formula kambing untuk anak balita.
Sebagai orang tua, apakah Anda tertarik untuk memberikannya pada si kecil, Moms? Bila ya, sebaiknya tunggu dulu dan simak penjelasan dokter berikut ini.
Bolehkah Anak Balita Minum Susu Formula Kambing?  (176951)
Ilustrasi anak minum susu. Foto: Shutterstock

Kata Dokter soal Susu Formula Kambing untuk Anak Balita

Mengutip Science Daily, sebuah penelitian yang dilakukan oleh RMIT yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa oligosakarida dalam susu formula yang terbuat dari protein susu kambing ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dan melindungi usus anak.
"Hasil kami menunjukkan susu formula kambing mungkin memiliki sifat prebiotik dan anti-infeksi yang kuat, yang dapat melindungi bayi terhadap infeksi saluran cerna," kata Peneliti utama, Profesor Harsharn Gill.
ADVERTISEMENT
Studi ini juga menemukan oligosakarida prebiotik alami dalam susu formula kambing efektif dalam mempromosikan pertumbuhan bakteri menguntungkan (bifidobacteria) dan menghambat kemampuan bakteri berbahaya seperti E. coli patogen untuk menempel pada sel usus manusia.
Meski begitu, sayangnya di Indonesia sendiri belum ada penelitian terkait susu formula kambing dan belum diproduksi. Ya Moms, bila Anda menemukan susu formula kambing, sudah pasti susu tersebut diimpor dari luar negeri. Hal itulah yang dijelaskan Praktisi Kesehatan, dr. Muliaman Mansyur kepada kumparanMOM saat ditemui dalam acara kumparanMOM Playdate with Morinaga di Jakarta, beberapa waktu lalu.
"Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) belum menguji keamanannya terkait susu formula kambing. Yang masih disetujui baru susu sapi dan soya untuk anak. Kalau di luar negeri memang sudah ada susu formula kambing karena mungkin penelitian dan teknologinya lebih canggih, jadi aman dikonsumsi. Sementara di Indonesia sendiri, belum ada peternakan kambing yang bagus sekali, karena masih sangat industrial," paparnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, alasan belum adanya susu formula kambing di Indonesia, karena belum ada uji klinis terkait efek pemberian susu formula kambing pada anak balita.
Lalu, bagaimana dengan susu kambing cair? Bolehkah diberikan pada anak balita?
Bolehkah Anak Balita Minum Susu Formula Kambing?  (176952)
Ilustrasi anak minum susu Foto: Shutterstock

Susu Kambing Cair untuk Anak Balita

Meski begitu, dr. Muliaman mengatakan, tidak masalah jika Anda ingin memberikan susu formula cair untuk anak balita apabila ia tidak alergi protein susu. Tapi kalau dia sudah alergi protein susu sapi, susu kambing juga tidak bisa diberikan. Ada juga kondisi anak-anak yang sulit bertoleransi terhadap lemak. Nah, bila tetap diberikan ia akan mengalami diare, Moms.
"Kalau saya tetap tidak bisa bilang aman untuk diberikan pada anak. Karena kita juga tidak tahu susu kambing cair yang langsung diberikan tersebut apakah higienis atau tidak pembuatannya. Tapi kalau ada produk susu kambing yang sudah terbukti memiliki dimanufaktur dengan baik, itu bisa diberikan kepada anak yang berusia 2 tahun ke atas," tutupnya.
ADVERTISEMENT