Mom
·
16 Oktober 2020 18:58

Buah Apa yang Bisa Cegah Corona?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Buah Apa yang Bisa Cegah Corona? (68526)
Ilustrasi buah-buahan. Foto: Shutterstock
Menjaga daya tahan tubuh jadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona. Ya Moms, agar imunitas terjaga, Anda dan keluarga perlu mendapat asupan nutrisi seimbang. Mulai dari nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, lemak. Hingga nutrisi mikro, yaitu vitamin dan mineral yang biasanya didapat dari buah-buahan.
ADVERTISEMENT
Di tengah masa pandemi seperti ini, bahkan muncul berbagai anggapan tentang beberapa khasiat buat untuk cegah corona. Misalnya saja, durian dan mangga. Lantas, benarkah hal itu?
Buah Apa yang Bisa Cegah Corona? (68527)
Ilustrasi buah mangga. Foto: ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Manfaat Makan Buah Mangga saat Pandemi Corona

Moms, ada yang beranggapan bahwa rasa asam di dalam buah mangga dinilai dapat membunuh virus corona. Tapi, jangan langsung percaya, ya!
Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), tidak ada bukti spesifik yang menjelaskan bahwa buah mangga dapat membunuh virus corona. Namun, mengonsumsi buah-buahan dan berbagai sayuran yang cukup dapat Anda lakukan sebagai bagian dari bentuk diet sehat.
Buah mangga sendiri mengandung mineral, magnesium, hingga berbagai vitamin seperti vitamin B6, vitamin C, dan vitamin B9 yang baik untuk kesehatan Anda dan keluarga di rumah. Selain dapat menjaga kekebalan tubuh, ada manfaat lain yang terdapat dalam buah yang lezat ini.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Health, mangga dapat mencegah kanker, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, melancarkan pencernaan, meningkatkan regulasi gula darah, meningkatkan kesehatan mata, dan meningkatkan fungsi otak.
Selain itu, mangga juga memiliki manfaat bagi Anda yang sedang hamil. Ya Moms, ibu hamil yang rutin mengonsumsi mangga dapat terhindar dari anemia, mencegah sembelit, mencegah terjadinya mual, baik untuk perkembangan janin, dan dapat mencegah preeklamsia.
Buah Apa yang Bisa Cegah Corona? (68528)
ilustrasi durian Foto: Shutterstock

Manfaat Durian untuk Tubuh

Selain mangga, durian juga disebut-sebut bisa mencegah virus corona. Tapi, sekali lagi, Moms, hal itu belum terbukti kebenarannya.
Di tengah pandemi virus corona seperti ini, memang Anda harus lebih berhati-hati dalam menyaring berbagai informasi. Salah satunya soal makan durian yang katanya dapat menangkal penyakit COVID-19. Sebab, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam laman resminya menjelaskan, tidak ada bukti ilmiah yang menerangkan bahwa durian dapat melindungi tubuh dari virus corona. Namun, WHO merekomendasikan Anda dan keluarga agar dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur yang cukup sebagai bagian dari diet yang sehat.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Anda perlu tahu bahwa durian mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin C yang tinggi akan antioksidan. Ya, walau tak dapat menangkal virus corona, tapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengkonsumsi durian sangat baik untuk kesehatan. Dikutip dari Healthline, durian adalah salah satu buah yang kaya nutrisi sehat, termasuk vitamin B, vitamin C, mineral, lemak sehat, dan serat. Mengkonsumsi durian pun dapat memberikan berbagai manfaat, seperti:
-Mengurangi risiko kanker
-Mencegah penyakit jantung
-Menurunkan gula darah
-Meredakan anemia
-Membantu kesehatan tulang
-Melancarkan sistem pencernaan
-Mencegah penuaan dini
-Memperbaiki mood, dan
-Mengurangi rasa cemas.
Bahkan, ibu hamil maupun ibu menyusui sebenarnya sah-sah saja mengonsumsi durian. Dilansir Young Parents, kandungan folat, kalsium, vitamin C, protein, dan lipid sangat baik untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Sementara, bagi ibu menyusui, kandungan kalsium, zat besi, dan mangan yang terdapat dalam durian sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI.
ADVERTISEMENT
Namun yang perlu diingat adalah, konsumsilah dalam batas wajar, Moms. Sebab, mengonsumsi durian secara berlebihan saat hamil akan meningkatkan peluang melahirkan bayi lebih besar. Sedangkan untuk ibu menyusui, dapat menyebabkan panas dalam tubuh yang kemudian bisa mengakibatkan sembelit.
Jadi, buah mangga dan durian tidak dapat melindungi diri atau menangkal virus corona ya, Moms. Namun, tetap bisa Anda dan keluarga konsumsi untuk membantu meningkatkan imunitas. Pastikan juga Anda selalu mengonsumsi asupan bergizi seimbang setiap harinya.