Mom
·
18 September 2020 17:07

Cara agar Produksi ASI Lancar dan Kental

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara agar Produksi ASI Lancar dan Kental (32817)
ilustrasi menyusui bayi Foto: Thinkstock
Sudah tak diragukan lagi jika ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Ya Moms, di 6 bulan pertama kehidupannya, Anda disarankan untuk memberikan ASI eksklusif dan dilanjutkan pemberiannya hingga ia berusia 2 tahun disertai dengan pemberian MPASI atau makanan pendamping ASI yang bergizi.
ADVERTISEMENT
Namun dalam perjalanan menyusui si kecil, Anda mungkin punya beberapa kekhawatiran. Salah satu yang umum terjadi adalah khawatir produksi ASI-nya encer dan sedikit sehingga tidak cukup untuk bayi. Apakah Anda salah satunya?
Cara agar Produksi ASI Lancar dan Kental (32818)
ilustrasi ASI perah. Foto: Shutterstock
Ya, banyak yang beranggapan bahwa ASI yang encer atau terlalu cair itu hanya memiliki sedikit kandungan nutrisi dibandingkan ASI yang kental. Hal inilah yang membuat ibu menyusui tak percaya diri tentang kualitas produksi ASI mereka.
Padahal, perlu Anda ketahui bahwa kekentalan ASI memang dapat berubah sewaktu-waktu. Mungkin pada saat memerah misalnya, Anda melihat ASI terkadang berwarna lebih encer dan agak putih dan di lain waktu ASI berubah menjadi lebih kental dan berwarna agak kuning. Kondisi ini sebenarnya adalah hal yang normal terjadi pada semua ibu menyusui.
Cara agar Produksi ASI Lancar dan Kental (32819)
Foremilk (kiri) dan hindmilk (kanan) ASI. Foto: https://aimi-asi.org

Perbedaan ASI Encer dan ASI Kental

Sebenarnya, ada dua jenis kandungan ASI. Pertama kandungan ASI encer atau biasa disebut dengan foremilk dan ASI kental biasa disebut dengan hindmilk. Foremilk atau ASI bertekstur encer ini adalah ASI pertama yang diisap bayi saat menyusu. Biasanya memiliki warna yang putih jernih. Foremilk juga kandungan karbohidrat, vitamin dan protein yang tinggi. Selain itu, foremilk juga kaya akan laktosa yang bisa membantu perkembangan otak bayi, memberikan energi, dan mengatasi rasa haus pada si kecil.
ADVERTISEMENT
Sedangkan hindmilk atau ASI kental ini adalah ASI yang ada pada bagian belakang sel atau disebut juga ASI belakang. Hindmilk biasanya akan keluar saat sesi menyusu berakhir. Selain itu, hindmilk juga memiliki warna kekuning-kuningan dan mengandung lemak sehingga membuat bayi merasa kenyang.
Cara agar Produksi ASI Lancar dan Kental (32820)
Ibu menyusui sambil memompa ASI Foto: Shutterstock

ASI Kental (Hindmilk) dan ASI Encer (Foremilk) Keduanya Baik untuk Bayi

Adapun encer atau kentalnya tekstur ASI bukan menjadi perbedaan kualitas keduanya, Moms. Sebab, baik foremilk maupun hindmilk sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi Anda.
dr. Sara Elise Wijono, Mres., Dokter Umum sekaligus Konselor Laktasi dari RSIA Bina Medika Bintaro, Tangerang Selatan menjelaskan, bagi Anda yang merasa produksi ASI-nya sedikit dan ingin kental, sebenarnya hal ini berkaitan dengan kandungan lemak yang terdapat dalam ASI Anda.
ADVERTISEMENT
Ketika payudara penuh atau di awal menyusui, ASI biasanya mengandung lemak yang lebih sedikit ketika bayi akan selesai menyusu.
"Karena biasanya lemak yang membuat ASI kental," ujarnya dalam Webinar bersama Titan Center dengan tema 'A-Z Seputar Laktasi, Mitos dan Fakta Seputar ASI dan Menyusui' yang dihelat pada Kamis (17/9) sore.
Cara agar Produksi ASI Lancar dan Kental (32821)
ASI perah Foto: Shutterstock

Saran dari Dokter agar Produksi ASI Lancar dan Kental

dr. Sara menyarankan apabila ibu ingin produksi ASI-nya lancar dan memiliki tekstur ASI yang kental, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah sering menyusui atau mengosongkan payudara. Semakin sering Anda mengosongkan payudara --entah dengan menyusui bayi secara langsung atau memompa, maka hal ini dapat meningkatkan produksi ASI Anda.
ADVERTISEMENT
Kemudian, susui bayi pada dua payudara secara bergiliran. Namun, untuk mendapatkan hasil yang baik, biarkan si kecil menyusu di satu payudara terlebih dulu hingga selesai. Apabila ia masih terlihat lapar, Anda bisa pindahkan ke sisi lainnya.
Cara ini pun membuat bayi mendapatkan komposisi ASI yang lengkap, yaitu foremilk dan hindmilk pada saat menyusu. Ketika payudara telah dikosongkan, secara otomatis hormon prolaktin yang merangsang produksi ASI akan bekerja kembali.
Cara agar Produksi ASI Lancar dan Kental (32822)
Ilustrasi bahan makanan sehat. Foto: Shutterstock
Hal lainnya yang tak kalah penting adalah, ibu harus mengonsumsi makanan bergizi. Sebab lemak sehat pun dapat diperoleh dari berbagai jenis sayur, ikan, maupun buah-buahan.
"Kacang-kacangan, ikan, buah seperti alpukat itu mengandung lemak yang sehat. Jadi usahakan makan makanan yang bergizi juga ibunya," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, baik ASI yang bertekstur kental (hindmilk) maupun ASI bertekstur cair atau encer (foremilk), keduanya sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi ya, Moms. Tinggal Anda yang perlu berusaha, agar si kecil bisa mendapatkan kedua nutrisi pada ASI tersebut.