Ilustrasi mengajarkan anak menabung uang.

Cara Ajari Anak Menabung Sejak Dini

27 Juli 2021 8:54
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mengajari anak menabung memang sangat baik bila dilakukan sejak dini. Menabung sejak dini, jadi bagian dari melatih anak untuk mampu mengelola keuangan dengan baik hingga dewasa nanti.
ADVERTISEMENT
Tapi bagaimana ya, cara yang tepat untuk mengajari anak menabung sejak dini?
Hal ini lah yang dijelaskan Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Irma Gustiana, M.Psi., Psi., dalam sesi Playdate di acara Festival Hari Anak 2021 kumparanMOM, Minggu (25/7).
Uniknya, Irma menjelaskan sambil mengajak orang tua mendampingi anak bermain bersama. Apa maksudnya?

Cara Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Cara Ajari Anak Menabung Sejak Dini (22299)
searchPerbesar
Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini, Bagaimana Caranya Ya? Foto: Shutterstock
Irma menjelaskan bahwa bermain bersama anak bisa menjadi proses belajar bertahap yang tidak hanya menyenangkan tapi juga sangat penting untuk si kecil. Namun orang tua tetap harus ingat bahwa jenis permainan yang diberikan pada anak harus sesuai dengan tahapan usianya. Sebab, perkembangan atau keterampilan tiap anak berbeda-beda.
"Belajar pada anak, semua melalui proses. Salah satunya dengan kegiatan bermain yang sesuai dengan usia anak dan kemampuannya. Tugas kita sebagai orang tua menjelaskan konsep-konsep yang sulit dimengerti anak. Sehingga memang prosesnya lebih baik dengan aktivitas main-main," kata Irma.
Cara Ajari Anak Menabung Sejak Dini (22300)
searchPerbesar
Ilustrasi mengajari anak menabung sejak dini Foto: Shutterstock
Belajar dengan proses ini juga dapat diterapkan orang tua saat mengajari anak menabung. Ya Moms, Irma menyarankan, cobalah kenalkan anak tentang konsep uang terlebih dulu.
ADVERTISEMENT
Cara paling praktis untuk membiarkan anak-anak memahami konsep uang adalah dengan memberikan stimulus seperti membiarkan mereka mengalami sendiri pengalaman berbelanja.
Cara Ajari Anak Menabung Sejak Dini (22301)
searchPerbesar
Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini, Bagaimana Caranya Ya? Foto: Shutterstock
Sebagai contoh, saat si kecil menemani Anda berbelanja di supermarket, ia akan melihat proses transaksi bayar di kasir. Kemudian, Anda sebagai orang tua menerima barangnya dan membayar semua yang dibeli. Jelaskan pada anak dengan bahasa yang mudah dipahami.
"Anak usia sekitar 3 tahun itu sudah bisa memahami dan mengamati 'kok bisa ya nerima uang dari situ?'" ujar Irma.
Dari situ menurut Irma, kita bisa menerapkannya di rumah dengan role play (bermain peran) bersama anak. Misalnya Anda sebagai pembeli dan anak sebagai kasir atau penjual.
Apabila anak sudah berusia sekitar 4-5 tahun dan sudah bisa membaca simbol atau membedakan nominal uang, Anda bisa ajarkan dengan cara menabung di celengan terlebih dulu.
ADVERTISEMENT
Kenalkan satu demi satu bentuk fisik uang dari koin hingga kertas. Kemudian ajari anak berhitung dengan sederhana. Lalu, buatlah simulasi menabung menggunakan celengan.
Dengan celengan, dia akan belajar konsep menabung. Mereka akan menyadari bahwa uang tidak datang sebagai rejeki ‘nomplok’, melainkan dengan bertahap. Pilihlah celengan yang berbentuk unik dan lucu agar anak bersemangat untuk memasukkan uang ke dalamnya, seperti celengan bentuk ayam, ikan, rumah-rumahan, dan sebagainya.