Mom
·
14 September 2021 7:52
·
waktu baca 3 menit

Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil (651530)
searchPerbesar
Cara Atasi Jerawat saat Hamil Foto: Shutterstock
Masalah kulit menjadi salah satu hal yang sering dikeluhkan ibu hamil. Tak hanya kulit berminyak ataupun kusam, sebagian ibu hamil juga alami masalah jerawat.
ADVERTISEMENT
Insider melansir, dr. Caren Campbell, MD, FAAD, Dokter Kulit dari San Francisco, Amerika Serikat mengatakan hal yang wajar terjadi karena perubahan hormon selama kehamilan. Sehingga tak perlu khawatir berlebihan bila mengalaminya.
Selain itu, ada kok, berbagai cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat saat hamil. Apa saja?

7 Cara Alami Atasi Jerawat saat hamil

1. Minyak Kelapa
Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil (651531)
searchPerbesar
Minyak kelapa untuk atasi jerawat. Foto: thinkstockphotos
Dikutip dari Baby Gaga, minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang bisa membantu melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Minyak kelapa juga mudah diserap sehingga dapat membuat kulit wajah tetap lembap.
Cukup oleskan minyak kelapa langsung ke area jerawat di wajah sebelum tidur, lalu diamkan semalaman. Pastikan wajah sudah dicuci bersih dan dikeringkan sebelumnya.
ADVERTISEMENT
2. Madu
Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil (651532)
searchPerbesar
ilustrasi madu Foto: Shutterstock
Seperti minyak kelapa, madu juga mengandung sifat antimikroba yang dapat mengurangi bakteri pada kulit. Untuk mengatasi jerawat, pertama-tama basuh wajah dengan air hangat kemudian oleskan madu ke wajah yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas kembali dengan air hangat.
Lakukan hal ini secara rutin dapat menghilangkan jerawat, membuat kulit wajah lebih halus, dan membantu kurangi jerawat.
3. Cuka Sari Apel
Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil (651533)
searchPerbesar
Air cuka apel Foto: Shutterstock
Healthline melansir, cuka sari apel adalah zat yang sangat efektif dapat menyembuhkan jerawat secara alami sekaligus membuat kulit tampak sehat karena mengandung enzim alami dan asam alfa hidroksi.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Cara menggunakannya? Campurkan 1 sdm cuka sari apel dengan sdm air. Setelah itu, ambil bola kapas dan rendam dalam campuran tersebut lalu tepuk-tepuk secara perlahan ke jerawat.
ADVERTISEMENT
4. Baking Soda
Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil (651534)
searchPerbesar
Baking soda Foto: Shutter Stock
Baking soda mengandung sifat antibakteri dan antiradang yang dapat menyerap minyak di kulit wajah serta menyembuhkan jerawat.
Tuang saja 1 sdm baking soda dan campurkan dengan 1 sdm air ke dalam mangkuk atau wadah. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke jerawat dan tunggu selama beberapa menit hingga mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.
5. Minum Air Putih dengan Cukup
Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil (651535)
searchPerbesar
ibu hamil minum air Foto: Shutterstock
The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan agar ibu hamil bisa penuhi kebutuhan minum air putih sekitar 8-12 gelas per hari (kurang lebih 2,5 liter per hari). Selain untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan, minum air putih juga membantu menjaga sistem kekebalan bekerja secara efisien.
ADVERTISEMENT
Pada saat sistem kekebalan tubuh sehat, maka ia akan mampu melawan bakteri penyebab jerawat di kulit karena kadar hormon yang berfluktuasi.
6. Istirahat yang Cukup
Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil (651536)
searchPerbesar
Ibu hamil tidur. Foto: Shutterstock
Ibu hamil setidaknya tidur delapan jam per malam. Bagi mereka yang terlalu sedikit tidur di malam hari, maka akan membuat kadar insulin meningkat. Akibatnya, jerawat pun bisa muncul di beberapa area di wajah Anda. Jadi untuk mencegah jerawat saat hamil, usahakan tidur yang cukup, ya!
7. Buah Sitrus
Cara Alami Atasi Jerawat saat Hamil (651537)
searchPerbesar
Ilustrasi Citrus. Foto: Shutterstock
Berbagai buah-buahan yang bersifat asam, seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis memiliki sifat antibakteri dan mengandung asam alfa hidroksi yang bisa mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.
Peras lah air jeruk nipis/lemon/jeruk, kemudian oleskan pada area jerawat di wajah menggunakan kapas. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air dingin.
ADVERTISEMENT