Mom
·
25 November 2020 8:22

Cara Alami Cegah Infeksi Jamur Kuku saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Alami Cegah Infeksi Jamur Kuku saat Hamil (544001)
Infeksi jamur kuku pada ibu hamil. Foto: Shutterstock
Moms, apakah Anda kini tengah hamil dan merasa ada perubahan pada kuku kaki menjadi kuning atau cokelat? Bila ya, hati-hati. Sebab, itu mungkin jadi salah satu tanda atau gejala Anda mengalami infeksi jamur kuku! Ya Moms, infeksi jamur kuku dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Dalam dunia medis, kondisi ini biasanya disebut dengan onikomikosis. Bila Anda mengalami hal ini, tentu dapat menyebabkan nyeri atau bahkan ketidaknyamanan pada saat berjalan. Akibatnya, aktivitas ibu hamil pun menjadi terganggu.
Selain perubahan warna pada kuku, ada beberapa gejala lain yang tampak bila Anda mengalami kondisi ini, Moms. Beberapa di antaranya, kuku kaki menjadi tebal dan cepat panjang, dalam beberapa kasus kuku kaki bisa memutih dan menjadi lembut, kering, dan berkerak, kotoran yang berbau busuk dapat menumpuk di sekitar kuku apabila tak ditangani, hingga kuku bisa lepas atau menyebabkan rasa nyeri dan sakit.

Penyebab Infeksi Jamur Kuku pada Ibu Hamil

Cara Alami Cegah Infeksi Jamur Kuku saat Hamil (544002)
Ilustrasi infeksi jamur kuku saat hamil. Foto: Getty Images
Lantas, apa saja hal yang dapat menyebabkan infeksi jamur kuku saat hamil?
ADVERTISEMENT
Mengutip Mom Junction, ada sekitar 85-90 persen infeksi jamur kuku disebabkan oleh organisme jamur seperti trichophyton rubrum dan trichophyton mentagrophytes. Biasanya, organisme jamur ini hidup dan bertahan di lingkungan yang lembap.
Bahkan, menurut sebuah studi yang telah diterbitkan di Harvard Health Publishings, ada beberapa faktor yang menyebabkan kuku kaki lebih rentan terkena infeksi jamur. Mulai dari penggunaan sepatu dan kaus kaki yang ketat, kebersihan kaki yang buruk, kuku kaki sering ditutupi dengan beberapa lapis cat kuku, hingga kondisi tertentu seperti diabetes melitus.
Global Nail Fungus Organization memaparkan, kondisi ini tak berbahaya bila terdeteksi pada tahap awal. Sehingga, infeksi jamur kuku pun dapat disembuhkan. Selain itu, hingga kini juga belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kondisi ini dapat mempengaruhi Anda maupun janin di dalam kandungan. Jadi, Anda tak perlu khawatir, ya!
ADVERTISEMENT

Cara Alami Cegah Infeksi Jamur Kuku saat Hamil

Cara Alami Cegah Infeksi Jamur Kuku saat Hamil (544003)
Infeksi jamur kuku pada ibu hamil Foto: Shutterstock
Namun, seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya bahwa kondisi ini mungkin dapat membuat ibu hamil merasa tak nyaman saat beraktivitas. Nah Moms, sebelum infeksi jamur kuku yang Anda alami itu semakin parah, berikut ada beberapa cara alami yang dapat membantu mencegah kondisi tersebut.
1. Menjaga kebersihan kaki yang benar dengan mencucinya secara teratur menggunakan sabun dan mengeringkannya secara menyeluruh setidaknya sekali sehari.
2. Pilih sepatu yang pas dengan ruang yang cukup di sekitar jari kaki.
3. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik di dalam alas kaki Anda.
4. Pilih kaus kaki yang terbuat dari bahan katun.
5. Jika kaki Anda berkeringat berlebihan, maka segera ganti kaus kaki Anda setiap hari dan cucilah secara teratur.
ADVERTISEMENT
6. Hindari berbagi gunting kuku dengan orang lain.
7. Bila kaki cenderung basah, pertimbangkan untuk menggunakan bedak kering yang dapat membantu menjaga kaki Anda tetap kering.
Nah Moms, itulah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi jamur kuku. Bila berbagai cara di atas sudah Anda lakukan namun tak ada perubahan sama sekali, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Sebab, penundaan pengobatan pun dapat menyebabkan infeksi tersebut menyebar atau bahkan meluas ke jari-jari kaki lainnya.