kumparan
search-gray
Mom28 Mei 2018 12:03

Cara Atasi Kram Otot pada Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
Cara Atasi Kram Otot pada Ibu Hamil (1232)
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Memasuki trimester kedua dan ketiga, tak jarang ibu hamil mengalami kram pada otot tangan dan kaki. Otot yang menegang itu bisa saja terjadi setelah seharian sibuk beraktivitas atau bahkan saat waktu tidur, Moms.
ADVERTISEMENT
Ada banyak penyebab kram otot terjadi pada ibu hamil. Di antaranya, akibat kerja otot yang berlebihan, panggul yang tertekan, tersumbatnya aliran darah, kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh yang tidak seimbang, hingga pengaruh hormon kehamilan progesteron.
kumparanMOM merangkum beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat kram otot menyerang:
Cukupi asupan kalsium
Cara Atasi Kram Otot pada Ibu Hamil (1233)
Kalsium (Foto: Pixabay)
Konsumsilah hidangan yang mengandung banyak kalsium, Moms. Bisa susu almond, ikan salmon, telur, biji-bijian, atau sayuran hijau yang juga mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Anda bisa menyisipkan makanan ringan kaya kalsium itu di sela-sela jam makan sebagai camilan bergizi.
Kurangi kafein
Kurangi konsumsi kafein yang dikhawatirkan bisa memperburuk kondisi kram otot. Mengonsumsi kafein berlebih bisa memacu kerja otot, Moms.
ADVERTISEMENT
Peregangan
Cara Atasi Kram Otot pada Ibu Hamil (1234)
Ibu Hamil olahraga (Foto: Thinkstock)
Menjelang tidur, rutinlah melakukan relaksasi dan peregangan, utamanya pada kaki dan tangan. Upayakan untuk tidak membiasakan melipat tangan atau kaki dalam waktu lama ketika tidur agar tidak berpotensi kram dan kesemutan.
Atur posisi kaki
Bagian tubuh yang paling sering kram biasanya kaki. Maka perhatikan posisinya baik-baik. Letakkan kaki setidaknya lebih tinggi 10-15 menit dari panggul ketika mulai berbaring.
Segera tangani kram
Jika tiba-tiba Anda bangun tidur dan merasakan kram. Maka, segeralah duduk kemudian luruskan kedua kaki. Tarik secara perlahan telapak kaki yang kram ke arah Anda, Moms. Di saat satu tangan menarik kaki yang kram, gunakan satu tangan lainnya untuk menekan lutut ke bawah dan tahanlah beberapa detik.
ADVERTISEMENT
Kompres air hangat
Cara Atasi Kram Otot pada Ibu Hamil (1235)
Pijatan ibu hamil (Foto: Thinkstock)
Air hangat berguna untuk mengurangi ketegangan otot dan memperlancar aliran darah. Anda bisa mengompres air hangat dengan handuk yang lembut pada bagian yang kram dan pijatlah secara perlahan. Mintalah bantuan suami jika Anda kesulitan untuk berjalan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white