Mom
·
3 Desember 2020 12:05

Cara Cegah Diare saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Cegah Diare saat Hamil (25387)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Diare menjadi salah satu hal yang dikeluhkan ibu hamil. Apakah Anda kini tengah atau pernah mengalaminya, Moms? Ya, diare merupakan kondisi apabila seseorang sudah lebih dari 3 kali buang air besar dalam sehari, serta tekstur kotorannya berbentuk cair.
ADVERTISEMENT
Hal ini sebenarnya wajar terjadi di trimester pertama kehamilan. Namun, penyakit ini bisa berbahaya bila tak segera diatasi. Beberapa penyebab umumnya diantaranya: ketidakseimbangan hormon, perubahan pola makan saat hamil, sensitivitas terhadap makanan tertentu, konsumsi suplemen kehamilan, hingga intoleransi laktosa. Kondisi inilah yang membuat Anda cenderung lebih sensitif terhadap makanan, virus, dan bakteri, sehingga mudah terkena diare.
Namun, diare rupanya juga bisa terjadi di trimester ketiga kehamilan atau bahkan mendekati waktu persalinan lho, Moms. Sebab, peningkatan hormon prostaglandin dalam tubuh ibu hamil membuat rahim berkontraksi. Hal itu pun menstimulasi usus ibu melakukan hal yang sama. Akibatnya, ibu hamil pun bisa mengalami diare jelang persalinan.
Tapi, semua wanita tentunya memiliki pengalaman yang berbeda-beda saat menjalani kehamilan. Artinya, tak semua dari mereka mengalami kondisi tersebut di masa kehamilan. Selain itu, diare pada trimester ketiga juga bukan menjadi salah satu tanda bahwa Anda akan melahirkan.
ADVERTISEMENT

Cara Cegah Diare saat Hamil

Cara Cegah Diare saat Hamil (25388)
Ilustrasi ibu hamil diare. Foto: Shutterstock
Moms, saat Anda mengalami diare, jangan terburu-buru untuk mengonsumsi obat tertentu, ya. Sebab, masih ada berbagai cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Ivan Sini, SpOG, dalam laman resminya pun memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal tersebut, seperti:
1. Jaga kebersihan rumah dan dapur untuk mengurangi kemungkinan munculnya bakteri-bakteri yang bisa menimbulkan diare.
2. Selalu kupas buah yang Anda konsumsi. Bila memungkinkan, cegah buah-buahan yang kulitnya tidak bisa dikupas.
3. Pastikan Anda mengonsumsi air putih yang matang atau telah dimasak terlebih dulu.
4. Masak makanan sendiri di rumah dan jika memungkinkan hindari membeli makanan dari luar rumah. Sebab, Anda tidak bisa menjamin kebersihan makanan tersebut, Moms.
ADVERTISEMENT
5. Jaga kebersihan diri dan jangan lupa untuk membersihkan gigi dan mulut sebanyak dua kali sehari.
6. Hindari mengonsumsi makanan pedas. Meski Anda suka konsumsi makanan pedas, upayakan tidak mengonsumsinya secara berlebihan saat hamil. Bukan hanya bisa menyebabkan diare, tapi makanan pedas juga bisa menyebabkan heartburn.
"Jika Anda mengalami diare selama 3-4 hari, hubungi dokter dengan segera. Dehidrasi di saat diare dapat Anda kenali dengan beberapa gejala seperti warna urine yang menggelap, rasa haus yang berlebihan, bibir kering dan pecah-pecah, pusing, pening, dan rasa ingin pingsan," ujar dr. Ivan.
Ya Moms, bila Anda mengalami dua atau bahkan tiga gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter, ya!
ADVERTISEMENT