kumparan
4 Februari 2020 19:00

Cara Cerdas Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

ibu hamil
com-Ilustrasi pasangan suami istri Foto: Shutterstock
Kehamilan merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh beberapa pasangan suami istri. Tawa dan tangis si kecil tak hanya menjadi pelengkap keluarga, tapi juga membawa kebahagiaan yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.
ADVERTISEMENT
Namun, tidak semua pasangan diberi kesempatan untuk cepat mendapatkan momongan, meski sudah menanti selama beberapa tahun. Faktor penghambatnya pun bermacam-macam. Mulai dari stres pekerjaan, hingga adanya masalah kesehatan seksual yang mempengaruhi kesuburan.
Berada di keadaan seperti itu biasanya bisa membuat perasaan pasangan suami istri menjadi kalut. Tapi jangan lantas menyerah, sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat kehamilan.
Selain mengubah pola makan dan mengikuti program hamil dari dokter ahli, Anda juga bisa lakukan kiat-kiat seperti di bawah ini.

1. Jangan stres

ibu hamil dan calon ayah
ibu hamil dan calon ayah Foto: Shutterstock
Munculnya rasa kalut dan sedih adalah hal yang lumrah terjadi ketika tidak kunjung hamil setelah bertahun-tahun menikah. Namun, kesedihan yang berlarut-larut justru akan menimbulkan rasa stres yang ternyata bisa jadi penghambat program kehamilan.
ADVERTISEMENT
Dilansir National Institutes of Health, wanita yang punya kadar Alpha-amylase tinggi di tubuhnya punya kesempatan hamil yang lebih rendah. Alpha-amylase sendiri adalah enzim yang keluar saat sistem saraf mengeluarkan hormon katekolamin sebagai respon rasa stres.
Jadi, lebih baik tetap santai sambil menunggu momen hadirnya buah hati bersama suami tercinta. Bila rasa stres kembali datang, sebaiknya segera bicarakan dengan pasangan dan cari kegiatan positif untuk mengalihkan perhatian terhadap rasa sedih.

2. Terbuka dengan kesehatan reproduksi pasangan

Ibu hamil periksa ke dokter kandungan.
Ibu hamil periksa ke dokter kandungan. Foto: Shutterstock
Banyak masalah kesehatan di seputar organ reproduksi yang bisa mengancam siapa saja. Misalnya gangguan rahim pada perempuan, gangguan testis dan sperma pada laki-laki, hingga penyakit kelamin menular yang berbahaya bila tidak segera ditangani.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, jangan ragu untuk saling terbuka dan membicarakan kesehatan sistem reproduksi bersama pasangan. Selain itu, Anda juga bisa mengajak pasangan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum merencanakan kehamilan.
Setelah itu, Anda bisa melanjutkan program hamil dengan mengubah pola hidup yang lebih sehat dan tidak lupa untuk rutin berolahraga. Dengan begitu, stamina akan lebih terjaga, bahkan bisa meningkatkan kualitas sperma sekaligus melancarkan program kehamilan.

3. Santap makanan sehat

Pola Makan Sehat Pasangan yang Sedang Program Hamil
Pola Makan Sehat Pasangan yang Sedang Program Hamil Foto: Shutterstock
Tak hanya saat hamil, makanan bergizi pun sangat dibutuhkan Anda dan pasangan untuk saat akan mempersiapkan program kehamilan. Dilansir Healthline, mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat bisa meningkatkan kesuburan hingga 69 persen.
Pilih beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi, zinc, kalsium, asam folat, asam lemak tak jenuh, dan asam folat untuk mempersiapkan sel telur dan kesuburan perempuan. Selain itu, perbanyak juga asupan tinggi antioksidan yang akan membantu memperkuat sperma dan sel telur.
ADVERTISEMENT

4. Ketahui masa subur

Ilustrasi Perempuan Menstruasi
Ilustrasi masa subur Foto: Shutterstock/Dean Drobot
Menghitung masa subur bisa jadi trik paling mudah untuk melancarkan program kehamilan. Caranya adalah dengan mengetahui masa ovulasi atau proses pelepasan sel telur yang telah matang dari ovarium ke tuba falopi.
Masa ovulasi wanita yang punya siklus menstruasi teratur sekitar dua minggu sebelum datangnya haid. Sedangkan waktu paling subur untuk wanita adalah lima hari sebelum masa ovulasi dan sehari saat ovulasi terjadi.
Masih banyak lagi cara sehat yang bisa Anda dan pasangan lakukan agar masa kehamilan cepat datang. Tips seputar rencana kehamilan lainnya akan menjadi topik utama dalam acara Moms Mingle kumparanMOM bersama Prenagen dan Kalbe Family bertajuk “Cara Cerdas Cepat Hamil”.
Moms Mingle PRENAGEN
com- Moms Mingle 'Cara Cerdas Cepat Hamil' Palembang Foto: Dok. kumparan
Acara yang dikemas dalam talkshow interaktif ini akan diselenggarakan di Lynne Cafe & Resto, Palembang, pada 8 Februari 2020 pukul 09.00-12.30 WIB. Demi memberikan tips cerdas untuk calon ibu hamil, juga akan dihadirkan narasumber yang tentunya sudah sangat ahli di bidangnya.
ADVERTISEMENT
Ada Lex De Praxis selaku Relationship & Intimacy Coach, dan Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr. Syifa Alkaf, SpOG yang akan membahas lengkap seputar kesehatan seksual, hingga seks untuk mempersiapkan kehamilan. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai perhitungan masa subur yang tepat!
Yuk, bergabung dalam acara ini dan segera daftarkan diri Anda melalui WhatsApp +62 838 7668 2232.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan PRENAGEN.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan