Mom
·
15 Oktober 2020 15:55

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Basmi Virus Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Basmi Virus Corona (16371)
Ilustrasi Cuci Tangan. Foto: Shutter Stock
Cuci tangan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa melindungi kita dari berbagai penyakit. Hal itu pula yang akhirnya membuat PBB semakin serius mengampanyekannya dengan memeringati Hari Cuci Tangan Sedunia tiap tanggal 15 Oktober. Bahkan, di masa pandemi seperti ini, rajin mencuci tangan jadi cara paling efektif untuk menangkal virus corona.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, Anda mungkin sudah paham bahwa penularan virus corona tidak hanya terjadi lewat aerosol atau droplet di udara yang masuk ke tubuh manusia, tapi juga lewat permukaan yang telah terkontaminasi. Berdasarkan penelitian terbaru, virus corona ternyata bisa menempel di kulit dan bertahan selama 9 jam.
Studi tersebut dipublikasi lewat jurnal Clinical Infectious Disease. Tim ilmuwan melakukan percobaan dengan relawan non-pasien COVID-19 dan kulit mayat yang masih bisa digunakan untuk cangkok kulit.
Hasilnya, virus corona SARS-CoV-2 bisa bertahan di kulit tersebut selama 9 jam. Durasi tersebut ternyata 4 jam lebih lama dibanding virus penyebab influenza bisa bertahan di permukaan kulit.
Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Basmi Virus Corona (16372)
Anak cuci tangan pakai sabun. Foto: Shutterstock
Para peneliti dari Kyoto Prefectural University of Medicine di Jepang mengatakan, bahwa waktu bertahan hidup virus kulit pada kulit membuktikan betapa pentingnya menjaga kebersihan tangan dan tubuh.
ADVERTISEMENT
"Hasil ini menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 memiliki stabilitas yang lebih tinggi pada kulit manusia dibandingkan dengan (virus influenza A),” tulis para penulis riset, seperti dikutip DailyMail.
Ketika bercampur dengan lendir dari sampel saluran pernapasan bagian atas, virus corona bahkan bisa hidup sekitar 11 jam dibandingkan dengan virus flu 1,69 jam.
Lantas, bagaimana cara menghindari penularan jika virus corona bisa bertahan di kulit dengan durasi yang sangat lama?

Cara cuci tangan yang benar untuk basmi virus corona yang menempel di kulit

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Basmi Virus Corona (16373)
Anak cuci tangan. Foto: Thinkstock
Berdasarkan riset, virus influenza dan virus corona bisa terbunuh jika mencuci tangan secara menyelur menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Bila sedang tidak ada air, Anda dan keluarga bisa menggunakan hand sanitizer. Ya Moms, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) merekomendasikan penggunaan antiseptik berbasis alkohol kandungan 60 hingga 95 persen dan cucilah tangan selama 15 detik.
ADVERTISEMENT
Bagaimana tata cara mencuci tangan dengan benar agar bisa membasmi virus corona?
Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Basmi Virus Corona (16374)
Ilustrasi Cuci Tangan. Foto: Shutter Stock
  1. Usap sabun ke telapak tangan dan putar empat kali.
  2. Gosok punggung tangan secara bergantian.
  3. Bersihkan sela-sela jari.
  4. Dengan posisi mengunci, bersihkan ujung jari dan sela-sela kuku.
  5. Gosok dan putar ibu jari secara bergantian.
  6. Letakkan seluruh ujung jari kanan ke telapak tangan kiri lalu gosok perlahan dan sebaliknya.
  7. Bilas dengan air mengalir dan keringkan.
Nah Moms, di tengah pandemi virus corona, Hari Cuci Tangan Sedunia tahun ini mengangkat tema “Hand Hygiene for All”. Lewat tema ini, masyarakan diajak untuk meningkatkan kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Dengan cuci tangan yang bersih, kita bisa membasmi virus corona dan mencegah penularannya ke masyarakat.
ADVERTISEMENT