kumparan
search-gray
Mom11 April 2018 16:05

Cara Mudah Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat

Konten Redaksi kumparan
Cara Mudah Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat  (31359)
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Kehamilan merupakan salah satu momen paling membahagiakan bagi kebanyakan pasangan. Namun, kerapkali tidak selamanya rasa bahagia itu ada. Misalnya, mau tidak mau Anda harus melewati beberapa proses dari kehamilan yang mungkin begitu ‘menyiksa’ di awal maupun akhir kehamilan.
ADVERTISEMENT
Mesti bolak balik toilet karena mual dan muntah, tidak bisa mencium aroma tajam, emosi naik turun, dan sebagainya. Maka dari itu, tubuh Anda harus tetap sehat untuk mengurangi rasa sakit dan tidak membuat Anda jadi tak bisa menikmati momen kehamilan ini.
Berikut, kumparanMOM (kumparan.com) membagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kehamilan yang sehat:
Rajin Mengonsumsi Sayuran dan buah-buahan
Cara Mudah Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat  (31360)
Ibu hamil makan buah (Foto: Thinkstock)
Pastikan Anda mengonsumsi banyak buah dan sayuran selama periode kehamilan. Buah dan sayuran kaya nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi dan menjaga kesehatan tubuh Anda.
Agar lebih praktis dan segar, Anda bisa memakan buah potong yang sebelumnya sudah Anda letakkan di dalam lemari es.
Kosumsi Lebih Banyak Makanan yang Mengandung Zat Besi
ADVERTISEMENT
Saat hamil, zat besi sangat penting untuk tubuh calon ibu dan janin. Pasalnya, zat besi juga berperan dalam pertumbuhan bayi dalam kandungan dan mencegah kelahiran prematur. Wanita yang tengah hamil biasanya juga lebih berisiko terkena defisiensi zat besi (kekurangan zat besi).
Jika Anda tidak mendapatkan cukup zat besi saat hamil, maka tubuh akan mudah cepat lelah, pusing, pucat, dan baik calon ibu dan janin sama-sama berisiko terkena anemia. Maka dari itulah penting menjaga asupan zat besi tetap terjaga. Penuhi asupan zat besi dari sayur berdaun hijau, daging merah dan kacang-kacangan.
Banyak Minum Air Putih
Cara Mudah Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat  (31361)
Gelas air putih. (Foto: Pexels)
Memasuki trimester ketiga, ibu hamil membutuhkan asupan air yang lebih banyak dari biasanya. Alasannya, karena sekarang calon ibu sedang memenuhi asupan air putih untuk dua tubuh, dalam satu badan. Apabila Anda rutin minum air putih sejak sebelum dan dilanjutkan selama menjalani kehamilan, itu bagus!
ADVERTISEMENT
Air putih membantu perkembangan janin berjalan dengan sehat. Pertumbuhan sehatnya bergantung pada nutrisi dan mineral yang Anda konsumsi secara teratur. Untuk meneruskan asupan yang Anda konsumsi ke janin diantarkan lewat media air putih.
Istirahat Cukup
Cara Mudah Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat  (31362)
Ilustrasi ibu hamil tidur nyenyak. (Foto: Thinkstock)
Tidak ada yang lebih baik dari istirahat yang cukup, Moms. Jika Anda gila bekerja saat sebelum hamil, maka saat hamil Anda perlu santai sedikit. Cobalah sesekali Anda bersantai dan mengambil cuti untuk bonding time dengan bayi dalam kandungan.
Anda bisa jalan-jalan santai di mall, pantai atau sekedar berenang dan mendengarkan musik.
Rutin Berolahraga
Cara Mudah Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat  (31363)
Meditasi ibu hamil (Foto: Thinkstock)
Disamping menjaga asupan dan beristirahat cukup, jangan lupakan juga aktivitas olahraga, Moms. Pilihlah olahraga yang paling Anda sukai, sekaligus aman untuk ibu hamil. Gunanya agar tubuh jadi terasa lebih bugar, serta dapat membantu Anda dalam menyiapkan diri saat proses bersalin nanti supaya berjalan lancar.
ADVERTISEMENT
Rutin Mengecek Kehamilan
Pastikan Anda tidak melewatkan jadwal konsultasi ke dokter. Dengan demikian, baik Anda dan dokter mengetahui kabar terbaru janin, dan bilamana terdapat hal-hal yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka dapat segera diambil tindakan sesegera mungkin.
Tanggap Menghadapi Keluhan
Kenali dan tanggap dengan kehamilan Anda, Moms. Bila Anda merasakan sesuatu yang tidak beres, Anda dapat mencari tahu informasi tersebut dari sumber-sumber bacaan terpecaya maupun membicarakan hal ini dengan dokter Anda.
Dengan demikian, Anda dapat menjalani pengalaman kehamilan dengan lebih sehat dan bahagia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white