kumparan
search-gray
Mom30 Juni 2020 10:04

Cara Natasha Rizky Hadapi Anak yang Alergi Susu Sapi

Konten Redaksi kumparan
Anak minum susu formula (PTR)
Anak minum susu. Foto: Shutterstock
Beberapa ibu mungkin kaget saat anaknya didiagnosis mengalami alergi susu sapi. Ya Moms, kondisi ini membuat anak akan bereaksi berlebihan ketika mengonsumsi minuman atau makanan tertentu yang mengandung protein susu sapi. Reaksi alerginya bisa beragam, mulai dari gatal-gatal, ruam, sesak napas, dan merasakan perasaan tidak nyaman.
ADVERTISEMENT
Kondisi tersebut ternyata juga dirasakan oleh selebriti tanah air, Natasha Rizky. Anak keduanya yakni Miskha Arrawfa Najma ternyata mengalami alergi protein sapi, sehingga tidak bisa mengonsumsi susu sapi. Hal tersebut membuat istri dari Deddy Mahendra Desta ini merasa kasihan dengan si kecil.
"Iya dulu Miskha sempat terlihat tidak nyaman karena alerginya. Aku juga jadi kasihan melihatnya. Jadi untuk mengatasinya, sebagai orang tua kita memang harus tanggap alergi banget sih salah satunya dengan gerakan 3K, kenali, konsultasikan, dan kendalikan," kata Natasha dalam acara webinar 'Tanggap Alergi di Masa Pandemi untuk Generasi Maju', Senin (29/6).
Natasha Rizky
Natasha Rizky Foto: Munady
Ia pun menjelaskan lebih detail tentang 3K yang dia terapkan untuk menghadapi alergi anaknya. Pertama, ia mengenali seperti apa alergi yang dialami oleh Miskha. Natasha mengatakan, ketika itu ia terus mencari informasi dari situs yang tepat dan bisa dipercaya. Sehingga ibu tidak menyimpulkan sendiri apa yang terjadi pada anak sampai akhirnya stres dan kepikiran.
ADVERTISEMENT
"Kedua adalah konsultasikan ke dokter. Jadi benar-benar jangan sampai mencari informasi ke sembarang orang. Harus dari ahli yang tepat. Kemudian yang ketiga, kendalikan. Aku menghindari anak aku mengonsumsi makanan pencetus atau alergen. Tapi kita juga harus mencari solusi alternatif, jangan sampai sudah menghindari tapi tidak mencari solusi. Dalam hal ini aku pilih susu fortifikasi soya," paparnya.
com-Ilustrasi anak enggan minum susu.
Anak alergi susu sapi Foto: Shutterstock
Tak hanya itu, ibu dari 3 anak ini juga tetap memastikan anaknya mendapatkan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan terus berkreasi dan mencoba berbagai menu baru agar anak lebih tertarik untuk makan.
"Aku juga mencoba inovasi lain agar anak tidak bosan dan lebih tertarik untuk makan makanan sehat. Seperti mencari resep camilan sehat terutama berbahan dasar soya," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white