kumparan
14 Februari 2020 18:18

Cara Obati Puting Lecet saat Menyusui dengan ASI

ibu menyusui - POTRAIT
ibu menyusui Foto: Shutterstock
Puting lecet saat menyusui tampaknya jadi salah satu masalah yang umum terjadi pada ibu. Meski tergolong tak berbahaya, kondisi ini bisa membuat aktivitas menyusui tidak nyaman. Alhasil, ibu mungkin saja jadi malas menyusui dan hal itu tentunya bisa mengurangi produksi ASI.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa faktor yang menyebabkan puting lecet saat menyusui. Misalnya saja, peregangan pada puting susu dan areola, posisi yang salah saat menyusui, infeksi atau dermatitis pada puting payudara, adanya masalah anatomi seperti ikatan lidah pada bayi, hingga kerusakan akibat penggunaan pompa ASI yang salah.
Nah Moms, jika Anda mengalami puting lecet saat menyusui, jangan panik. Anda bisa mencoba mengobatinya dengan cara alami, yaitu dengan mengoleskan ASI pada puting payudara yang lecet.
ibu menyusui
ibu menyusui Foto: Shutterstock
Ibu menyusui harus tahu bahwa ASI merupakan antiseptik alami sehingga bisa menyembuhkan lecet atau luka pada puting. Hal itulah yang dikatakan Konselor Menyusui, dr. Ameetha Drupadi CIMI, dalam akun YouTube pribadinya.
Lantas, bagaimana caranya?
Mudah kok, Moms. Anda hanya perlu meremas payudara menggunakan tangan, lalu keluarkan beberapa tetes ASI. Setelah itu, oleskan ASI pada daerah areola sebelum dan sesudah menyusui.
ADVERTISEMENT
"Setelah itu biarkan puting kering sebelum menggunakan bra agar kondisi payudara tidak lembap," kata Konselor Menyusui yang p RS Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
com-Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutterstock
Laman resmi La Leche League International juga menjelaskan, Anda hanya perlu mengolesnya dengan lembut dan jangan menggosoknya. Lalu tidak perlu menghapus atau membersihkannya saat hendak menyusui bayi. Tidak dianjurkan pula untuk mengeringkan puting menggunakan ala. Jadi, biarkan kering alami ya, Moms.
Setelah puting kering, pastikan bra yang Anda gunakan nyaman. Pilihlah bra tanpa kawat yang bisa membuat bagian punggung lebih nyaman dan gunakan cup yang sesuai dengan ukuran payudara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan