Cara Tingkatkan Imunitas Ibu Hamil dan Menyusui di Tengah Badai Omicron

23 Februari 2022 15:00
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Cara Tingkatkan Imunitas Ibu Hamil dan Menyusui di Tengah Badai Omicron (71540)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu hamil yang sedang sakit. Foto: November27/Shutterstock
Ibu hamil dan menyusui lebih rentan terhadap berbagai virus dan penyakit, apalagi di tengah badai Omicron ini. Ya Moms, dalam sebuah penelitian yang dilansir laman WHO, ibu hamil dengan berat badan berlebih, atau memiliki kondisi kesehatan penyerta lain seperti hipertensi atau diabetes lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan serius akibat COVID-19.
Di sisi lain, 1.000 hari kehidupan pertama anak sangat penting untuk diperhatikan. Karenanya, ibu sangat membutuhkan asupan nutrisi agar tubuhnya tetap kuat dan terhindar dari berbagai penyakit serta dapat membantu perkembangan si kecil dengan baik.

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui

Cara Tingkatkan Imunitas Ibu Hamil dan Menyusui di Tengah Badai Omicron (71541)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu menyusui dengan nutrisi yang terpenuhi. Foto: ImagingStocker/Shutterstock
Moms, selama proses kehamilan, baik ibu dan janin membutuhkan nutrisi yang lengkap setiap hari. Umumnya, ibu membutuhkan 350 kalori tambahan setiap hari pada trimester kedua dan 450 kalori setiap hari di trimester ketiga. Dilansir Healthline, ibu hamil membutuhkan 1.200 mg kalsium, 600–800 mcg asam folat, 27 mg zat besi, dan 70–100 gram protein. Selain itu Anda juga membutuhkan omega-3, vitamin, dan mineral.
Kebiasaan mengonsumsi multivitamin untuk kehamilan pun banyak disarankan oleh dokter kandungan pada pasiennya. Hal ini bertujuan agar sebagian besar nutrisi penting yang dibutuhkan ibu pasca-persalinan sudah tercukupi.
Menurut Sherry Ross, seorang obgyn dari Santa Monica, California, jika sedang menyusui, Anda harus memfokuskan diri dalam pemenuhan kalsium, asam folat, yodium, zat besi, vitamin A, vitamin B6 dan B12, vitamin C, vitamin D, dan DHA. Sedangkan, untuk menambah imun, ibu juga memerlukan probiotik dan zinc.

Makanan Penguat Imun Ibu Hamil dan Menyusui

Cara Tingkatkan Imunitas Ibu Hamil dan Menyusui di Tengah Badai Omicron (71542)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pemenuhan nutrisi ibu hamil. Foto: Rapeepat Pornsipak/Shutterstock
Lalu, agar kebutuhan ini terpenuhi, makanan apa yang dapat dikonsumsi? Berikut beberapa makanan yang kaya akan kandungan mineral dan vitamin.
1. Sayuran Hijau
Selama hamil dan menyusui, upayakan untuk terus menjaga konsumsi sayuran hijau karena kandungan vitamin D dan zinc di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu ada pula kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pertumbuhan tulang, dan melindungi janin dari infeksi.
2. Telur
Telur, makanan favorit banyak orang yang kaya akan zinc, zat besi, omega-3, selenium, hingga protein. Beragam kandungan di dalam telur sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan menyusui.
Namun, pastikan telur harus dengan sempurna sebelum dimakan ya, Moms. Tujuannya agar Anda bebas dari kontaminasi bakteri salmonella yang dapat menyebabkan diare dan berujung dehidrasi.
3. Sup Ayam
Makanan berkuah dan hangat dapat membantu ibu hamil merasa lebih rileks dan nyaman. Tulang ayam dan daging di dalam sup banyak mengandung sumber mineral utama seperti fosfor, sulfur, hingga magnesium.
Ini sangat baik untuk memelihara dan menjaga sel, jaringan, organ, hingga sistem organ tubuh. Selain itu, semangkuk sup ayam mengandung asam amino yang baik dan bersifat antiinflamasi sehingga dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan menyusui selama masa kehamilan.
4. Ikan Salmon dan Sarden
Cara Tingkatkan Imunitas Ibu Hamil dan Menyusui di Tengah Badai Omicron (71543)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan dan minuman untuk penuhi nutrisi. Foto: New Africa/Shutterstock
Ikan sarden dan salmon adalah dua jenis ikan yang kaya akan omega-3. Moms, omega-3 ini sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil di tahap awal pertumbuhannya.
Selain itu, salmon dan sarden juga dikatakan mengandung lebih sedikit merkuri—unsur kimia yang dapat mengganggu perkembangan otak si kecil. Jadi, salmon dan sarden sangat cocok untuk diolah menjadi menu makanan yang lezat dan penuh gizi.
5. Kacang-kacangan
Makanan yang kaya akan nutrisi lainnya adalah kacang-kacangan. Ada banyak kandungan mineral dalam kacang-kacangan, misalnya zat besi, kalsium, dan zinc. Kandungan mineral yang baik dalam kacang-kacangan tak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga dapat membantu produksi ASI. Kacang-kacangan juga merupakan sumber asupan bakteri baik sehingga bermanfaat untuk kelancaran dan kesehatan pencernaan.
6. Yoghurt
Yoghurt, si lezat yang satu ini merupakan sumber prebiotik yang sangat baik. Jika rutin mengonsumsinya, sistem pencernaan pun terasa lebih lancar. Moms, ingat selalu bahwa sistem pencernaan yang lancar adalah awal dari pembentukan imun yang lebih kuat. Kabar baiknya, rasa mual dan muntah selama masa kehamilan juga dapat berkurang dengan rutin konsumsi yoghurt.
Tak hanya enam jenis makanan ini, ada banyak makanan lainnya yang dapat Anda konsumsi setiap hari secara bergantian agar pemenuhan nutrisi di masa kehamilan dan menyusui terus terpenuhi. Selain baik untuk janin, Anda juga terhindar dari berbagai paparan virus dan penyakit karena daya tahan tubuh terus meningkat.
Sayangnya, terkadang kebutuhan harian ini sulit dipenuhi karena nafsu makan yang menurun, tidak suka makan sayur, mual, dan alasan lainnya.
Jangan khawatir, Moms. Ada Osfit Platinum yang dapat bantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil dan menyusui. Suplemen makanan ini mengandung zinc yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pertumbuhan sel dan otak janin, hingga menurunkan risiko kelahiran prematur bayi.
Cara Tingkatkan Imunitas Ibu Hamil dan Menyusui di Tengah Badai Omicron (71544)
zoom-in-whitePerbesar
Osfit Platinum, suplemen untuk ibu hamil dan menyusui. Foto: Dok. Osfit Platinum
Osfit Platinum merupakan micronutrient booster yang dapat memenuhi kebutuhan 1000 Hari Kehidupan Pertama. Konsumsi multivitamin ini sangat mudah karena hanya perlu dikonsumsi 1 kali setiap hari.
Hadir dengan rasa vanila dan tanpa bau amis, Anda bisa mengkonsumsi Osfit Platinum dengan nyaman tanpa menimbulkan rasa mual. Satu kapsul Osfit Platinum mengandung 10 vitamin, 5 mineral, dan omega-3 yang sesuai dengan rekomendasi harian dari WHO, FIGO dan AKG.
Osfit Platinum sudah tersedia di apotek, e-commerce, atau KalCare. Moms juga bisa kunjungi Instagram @osfitplatiinum untuk mendapatkan informasi tentang pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui.
Yuk, lindungi jaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi virus! Minum Osfit Platinum setiap hari agar nutrisi harian terpenuhi.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Osfit Platinum.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020