Mom
·
27 Juli 2021 17:19
·
waktu baca 2 menit

Cara Tingkatkan Produksi ASI bagi Ibu dengan PCOS

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Tingkatkan Produksi ASI bagi Ibu dengan PCOS (434078)
searchPerbesar
Cara Meningkatkan Pasokan ASI bagi Ibu dengan PCOS Foto: Shutterstock
Beberapa ibu dengan sindrom ovarium polikistik atau PCOS bisa mengalami kesulitan saat harus menyusui bayi karena produksi ASI yang sedikit. Ya Moms, produksi ASI yang kurang diduga akibat rendahnya kadar progesteron selama masa pubertas dan kehamilan.
ADVERTISEMENT
Mengutip Very Well Health, hormon progesteron sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan payudara, yang biasanya diproduksi oleh folikel telur yang kosong setelah ovulasi terjadi. Pada ibu dengan PCOS, ovulasi sangat jarang terjadi atau bahkan tidak sama sekali, sehingga kadar progesteronnya rendah.
Kemudian, ibu dengan PCOS juga memiliki androgen yang tinggi. Hal ini dapat mengganggu dan mengikat reseptor prolaktin atau hormon utama laktasi. Sehingga, mengurangi jumlah ASI yang diproduksi.
Namun perlu diingat, bahwa tidak semua ibu dengan PCOS akan mengalami masalah menyusui. Tetapi jika produksi ASI Anda berkurang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Penjelasan soal Cara Meningkatkan Produksi ASI bagi Ibu dengan PCOS

1. Diet
Cara Tingkatkan Produksi ASI bagi Ibu dengan PCOS (434079)
searchPerbesar
Cara Meningkatkan Pasokan ASI bagi Ibu dengan PCOS Foto: Shutterstock
Moms, cobalah untuk makan-makanan dengan gizi seimbang, yang dapat membantu Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.
ADVERTISEMENT
Anda juga perlu diet gula, sebab ibu dengan PCOS biasanya lebih rentan ngidam gula apalagi jika memiliki resistensi insulin. Sehingga, pilihlah makanan yang memiliki indeks glikemik (GI) rendah yang tidak akan menyebabkan gula darah Anda melonjak.
2. Olahraga
Cara Tingkatkan Produksi ASI bagi Ibu dengan PCOS (434080)
searchPerbesar
Cara Meningkatkan Pasokan ASI bagi Ibu dengan PCOS Foto: Shutter Stock
Jika produksi ASI Anda rendah, cobalah berolahraga setiap hari. Menggerakkan tubuh selama 30 menit, akan sangat bermanfaat bagi Anda. Sebab, olahraga dapat menurunkan hormon stres, yang pada akhirnya dapat membantu menaikkan produksi ASI.
3. Jangan Stres
Cara Tingkatkan Produksi ASI bagi Ibu dengan PCOS (434081)
searchPerbesar
Cara Meningkatkan Pasokan ASI bagi Ibu dengan PCOS Foto: Shutter Stock
Mengutip WebMD, tingkat stres yang tinggi dapat berdampak negatif pada produksi ASI Anda. Jadi selain olahraga, cobalah aktivitas menenangkan lainnya, seperti meditasi. Menjadi ibu baru memang menantang, jadi pastikan Anda cukup istirahat dan menyisihkan waktu sebentar untuk diri sendiri, Moms.
ADVERTISEMENT
4. Sering Mengosongkan Payudara
Cara Tingkatkan Produksi ASI bagi Ibu dengan PCOS (434082)
searchPerbesar
Cara Meningkatkan Pasokan ASI bagi Ibu dengan PCOS Foto: Shutter Stock
Sering menyusui atau memompa payudara setelah menyusui juga merupakan kunci untuk menjaga produksi ASI. F.B Monika, konselor menyusui sekaligus La Leche League Leader dalam bukunya yang berjudul ‘Buku Pintar ASI dan Menyusui’ mengatakan bahwa ibu menyusui jangan pernah membiarkan payudara penuh.
Berdasarkan penelitian, kata Monika, payudara yang dibiarkan penuh selama 6 jam tanpa disusui langsung ke bayi atau tidak diperah sama sekali, maka saat diperah nantinya akan menghasilkan ASI hanya sebanyak 22 ml per payudara. Sementara, ibu yang menyusui tiap 90 menit menghasilkan lebih dari 2 kali lipat, yakni sekitar 56 ml per payudara.
5. Suplemen ASI
Cara Tingkatkan Produksi ASI bagi Ibu dengan PCOS (434083)
searchPerbesar
Cara Meningkatkan Pasokan ASI bagi Ibu dengan PCOS Foto: Getty Images
Jika Anda tetap memiliki masalah dengan produksi ASI, mungkin dengan mengkonsumsi suplemen akan sedikit membantu. Jadi cobalah untuk berbicara dengan dokter atau konsultan laktasi soal suplemen apa yang baik dikonsumsi oleh Anda.
ADVERTISEMENT