Untitled Image

Cari Tahu Cara agar Si Kecil Bisa Tumbuh Sehat di Festival Hari Anak

10 Juli 2021 10:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Sebagai orang tua, Anda tentu ingin anak Anda bisa tumbuh sehat dan gembira. Ya Moms, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikannya nutrisi dan makanan bergizi. Bila anak sehat, tentunya ia jadi punya banyak kesempatan untuk bereksplorasi dan tumbuh jadi anak yang gembira.
ADVERTISEMENT
Pemberian nutrisi yang tepat perlu dilakukan sejak bayi bayi baru lahir. Ya, di usia 6 bulan pertama, anak hanya perlu mendapat asupan dari ASI, sebab itu adalah nutrisi terbaik baginya.
Saat memasuki usia 6 bulan, bayi harus diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Sebab kebutuhan nutrisinya sudah tidak dapat dipenuhi hanya lewat ASI saja. ASI hanya dapat memberikan sekitar 400 kilo kalori per harinya, sementara di usia 6 sampai 9 bulan, bayi membutuhkan 600 kilo kalori.
Mom's Talk Festival Hari Anak. dok. kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Mom's Talk Festival Hari Anak. dok. kumparan
Lalu seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori bayi pun semakin bertambah. Seperti pada usia 12 hingga 24 bulan, bayi memerlukan 550 kilo kalori tambahan dari MPASI. Sehingga, jangan sampai salah memberikan menu MPASI, agar anak dapat tumbuh dengan sehat.
llustrasi bayi makan buah melon. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
llustrasi bayi makan buah melon. Foto: Shutterstock
Jadi, sebagai orang tua, Anda harus cermat dalam menjaga kesehatan mereka sejak dini ya, Moms. Sebab pemberian MPASI tidak semata untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tapi juga untuk mendukung dengan tumbuh kembang anak. Salah satunya, perkembangan keterampilan motorik yang sangat penting.
ADVERTISEMENT
Pada rentang usia 7 hingga 9 bulan misalnya, adalah waktu yang tepat untuk melatih kemampuan motorik halus anak. Sebab, di usia tersebut ia mulai memasuki tahap MPASI yang memungkinkannya untuk mulai mengonsumsi makanan-makanan padat. Si kecil akan mulai memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain atau langsung ke mulut mereka menggunakan ibu jari dan telunjuk.
Cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikannya finger food. Misalnya dengan memberikan mereka snack yang mudah digenggam olehnya.
Lantas, apa yang harus dilakukan agar tidak salah memberikan MPASI kepada bayi? Bagaimana cara mencari informasi yang tepat soal pemberian MPASI? Makanan apa yang harus diberikan kepada bayi agar sehat?

Belajar soal MPASI dalam Acara Mom’s Talk Bersama Milna di Festival Hari Anak

Cari Tahu Cara agar Si Kecil Bisa Tumbuh Sehat di Festival Hari Anak Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Cari Tahu Cara agar Si Kecil Bisa Tumbuh Sehat di Festival Hari Anak Foto: Shutterstock
Untuk mendapatkan jawaban-jawaban di atas, yuk, ikut program Mom’s Talk bersama Milna. Program tersebut akan membahas tema ‘Langkah Cermat Agar si Kecil Tumbuh Sehat’ pada Sabtu (24/7). Acara ini merupakan salah satu rangkaian Festival Hari Anak yang akan diselenggarakan oleh kumparanMOM pada 24-25 Juli 2021.
ADVERTISEMENT
Festival Hari Anak sendiri digelar untuk memperingati Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap tanggal 23 Juli. Tahun ini, Festival Hari Anak 2021 hadir dengan tema #SehatGembiraBersama.
Di acara Mom’s Talk bersama Milna, akan hadir Tasya Kamila, selebriti dan juga mom fluencer yang akan menceritakan pengalaman dan tipsnya saat memberikan camilan sehat untuk anaknya, Arrasya, sebagai bagian penting dari menu MPASI sehari-hari.
Kemudian, ada juga founder komunitas MPASI Bayi Sehat, Dinda Dara Saskia, yang akan berbagi pengetahuannya seputar jadwal, tekstur, bahan, dan jenis hingga manfaat pemberian MPASI untuk si kecil. Ia akan bercerita lewat pengalamannya sebagai founder dan pegiat komunitas yang fokus pada pemberian MPASI sehat untuk bayi.
Serta, ada juga Clarissa Gunawan, Brand Manager Milna, yang akan menjelaskan bagaimana Milna menyediakan camilan sehat dengan berbagai bentuk dan tekstur yang tidak hanya berperan sebagai snack, tapi juga membatu stimulasi perkembangan motorik si kecil.
ADVERTISEMENT
Jadi, jangan sampai lupa ikut acaranya ya, Moms. Anda bisa menyaksikan rangkaian acara Festival Hari Anak 2021 secara live di channel YouTube kumparan.