Mom9 September 2020 16:01

Cerita Raisa soal Mengasuh Anak di Tengah Pandemi Corona

Konten Redaksi kumparan
Cerita Raisa soal Mengasuh Anak di Tengah Pandemi Corona (210021)
Raisa dan Zalina. Foto: Instagram/@raisa6690
Pandemi corona hingga kini belum berakhir. Hal ini lantas menuntut sebagian besar orang harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru yang ada. Ya Moms, meski tak dapat dipungkiri, kondisi ini pada mulanya sangat sulit dihadapi oleh banyak orang, tak terkecuali penyanyi Raisa.
ADVERTISEMENT
Sebagai seorang ibu yang bekerja, Raisa mengatakan bahwa pandemi corona ini seperti telah membuatnya merasa bersalah menjadi seorang ibu bagi putrinya, Zalina Raine Wyllie. Istri dari Hamish Daud ini menganggap semua pekerjaan dapat ia lakukan dengan sebaik mungkin --entah itu soal pekerjaan, mengasuh anak, hingga berbagai hal lainnya. Namun, pelantun 'Terjebak Nostalgia' tersebut mengaku kurang maksimal melakukan segalanya, terutama soal pengasuhan anak.
Cerita Raisa soal Mengasuh Anak di Tengah Pandemi Corona (210022)
Raisa Andriana dalam webinar bersama AQUA bertema Moms Sharing Session 'Ibu Sehat, Keluarga Sehat'. Foto: AQUA
"Sejujur-jujurnya kalau boleh curhat lebih ke mom guilty kali ya. Aku ngerasa semua bisa kepegang nih. Aku kerja, pas selesai bisa ngurus anak, tetap bisa semua. Tapi, ada perasaan, aduh harusnya gue bisa lebih enggak sih? Harusnya karena dia sekarang enggak bisa keluar, harusnya aku di rumah lebih bisa menstimulasi. Jadi, aku ada perasaan bersalah," kata Raisa dalam Webinar bersama AQUA dengan tema "Moms Sharing Session 'Ibu Sehat, Keluarga Sehat'" yang dihelat Jumat (4/9) malam.
ADVERTISEMENT
Perempuan berusia 30 tahun itu kembali menuturkan bahwa jika situasi tak seperti ini, ia mungkin saja telah mengajak si kecil bermain di alam bebas atau tempat rekreasi yang dapat membuat anaknya bisa bereksploarasi dengan banyak hal. Namun karena di rumah aja, hal ini membuat dirinya harus lebih banyak menemukan ide-ide baru agar Zalina tak mudah bosan. Di samping itu, ia khawatir stimulasi yang ia berikan kepada anak perempuannya itu kurang.
"Karena enggak bisa keluar kayak ajak stimulasi yang seru-seru. Ikut kelas, ke baby gym, dan lain-lain. Jadi, aku ngerasa di rumah sudah cukup belum ya atau pelajaran yang aku kasih. Karena anakku kan belum sekolah," pungkasnya.
Cerita Raisa soal Mengasuh Anak di Tengah Pandemi Corona (210023)
Raisa dan Zalina. Foto: Instagram/@raisa6690

Cara Raisa Atasi Kesulitan di Masa Pandemi

Meski mengaku stres, namun Raisa dapat dengan mudah mengatasi segala hal yang dihadapinya di masa pandemi ini, Moms. Menurutnya, me time atau meluangkan waktu berkualitas untuk diri sendiri itu sangat penting untuk membuat hidupnya tetap berjalan dengan lancar. Selain itu, mencurahkan segala isi hatinya kepada orang terpercaya juga membantu menenangkan hati dan pikirannya.
ADVERTISEMENT
"Me time sangat ngaruh banget. Bercerita ke orang yang enggak menghakimi dan enggak men-judge. Pada akhirnya, kalau kebahagiaan kita sendiri sudah kita take care, kita akhirnya bisa men-take care keluarga kita dengan baik. Buat aku me time kunci buat semuanya," tutur pelantun 'Serba Salah' itu.
Sebisa mungkin, masih kata Raisa, saat ia mulai merasa ada sesuatu yang tidak beres, maka ia akan segera mencari pemicunya agar bisa mencari solusi dengan tepat.
"Sebenarnya banyak hal yang membuat aku stres, tapi aku yang paling penting aku tahu problem-nya apa dan tahu harus ngapain. Punya tanda-tanda sedikit aku tahu mengatasinya. Biar enggak berlebihan burnout-nya. Di mana-mana mencegah lebih baik daripada mengobati," tutupnya.