Mom
·
29 Maret 2018 17:41

Ciri ASI Perah Basi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ciri ASI Perah Basi (108146)
Ilustrasi ASI perah. (Foto: Thinkstock)
Bekerja bukan halangan bagi ibu untuk menyusui. Ibu dapat memerah ASI untuk disimpan dan diberikan kepada bayi oleh keluarga atau pengasuh saat Ibu sedang tak bersama bayinya. Dengan begitu, kebutuhan bayi selama ditinggal ibu tetap dapat terpenuhi.
ADVERTISEMENT
Tapi apakah kualitas ASI bisa tetap terjaga meski ibu bekerja seharian, terpapar matahari dan berbagai kondisi lain di luar rumah? Apakah ASI bisa basi?
"ASI di dalam payudara ibu tidak akan basi!" tegas Sekjen Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Farahdibha Tenrilemba, "Payudara ibu mampu menjaga kualitas ASI seberapa lamapun ibu berada di luar rumah atau jauh dari bayinya."
Namun tidak demikian dengan ASI perah. Farahdibha menjelaskan, "Cara penyimpanan ASI Perah yang tidak tepat dapat membuat ASI Perah bisa saja terkontaminasi bakteri atau jamur."
Jadi sama saja dengan makanan atau minuman segar lainnya, Moms. Itu sebabnya, ibu perlu mengetahui cara menyimpan ASI Perah (ASIP) yang benar agar aman dikonsumsi si kecil.
Ciri ASI Perah Basi (108147)
Ilustrasi ASI perah. (Foto: Thinkstock)
ASIP yang baru diperah bisa bertahan hingga 4 jam di suhu ruang. Bila Anda hendak menyimpannya lebih dari 4 jam, masukkanlah ASIP ke dalam kulkas.
ADVERTISEMENT
Jika dibiarkan disimpan lebih dari 4 jam di suhu ruang, ASIP bisa terkonteminasi bakteri dan membuatnya basi. Untuk mengetahui apakah ASIP basi atau tidak, Anda bisa mencium dan mencicipi rasa ASIP.
Namun penting untuk diingat bahwa rasa, bau dan warna ASI setiap ibu itu berbeda-beda. Bahkan, ASI rasa, bau dan warna dari satu payudara pun memiliki variasi di tiap waktunya, tergantung dari makanan yang ibu konsumsi.
Karena perbedaan rasa, bau dan warna inilah Anda tidak dapat membandingkan kondisi ASIP Anda dengan ASIP orang lain. Begitupun, ciri-ciri ASIP yang sudah terkontaminasi bakteri atau jamur, tidak sama dengan ciri-ciri makanan atau minuman lain yang sudah basi.
Ciri ASI Perah Basi (108148)
Simpan asi perah dengan baik dan benar (Foto: thinkstock)
Jadi bagaimana cara mengujinya?
Cobalah cium dan cicipi sedikit rasa ASI Anda sebelum Anda menyimpannya atau tepat setelah diperah dari payudara. Ulangi cium dan cicipi lagi setelah beberapa jam ke depan Anda meninggalkannya di suhu ruangan. Bila bau dan rasanya berbeda, kemungkinan ASIP telah terkontaminasi jamur atau bakteri.
ADVERTISEMENT
Jadi tak perlu khawatir lagi ya, Moms. Ketahui dan ikuti saja cara menyimpan ASIP yang benar. Bila Anda ingin menyimpan ASIP dengan waktu yang lebih lama, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas dengan suhu minimal 4 derajat celsius. ASIP yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan hingga 5 hari.
Sementara jika Anda ingin menyimpan ASIP lebih lama lagi, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer dengan suhu minimal 15 derajat celsius, sehingga bisa digunakan hingga 3 bulan ke depan.
Jangan lupa, susui bayi secara langsung setiap ada kesempatan. Karena seperti yang ditegaskan oleh Farahdibha, "ASI dalam payudara ibu adalah yang terbaik untuk bayi dan tidak akan pernah basi!"