Mom
·
13 Oktober 2020 18:02

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Paling Banyak Dipercaya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Paling Banyak Dipercaya (17769)
Ilustrasi ibu hamil anak laki-laki Foto: Shutterstock
Ingin mengetahui seseorang atau diri sendiri tengah hamil anak laki-laki atau perempuan? Cara paling mudah sih, menunggu alat kelamin bayi mulai berkembang sekitar minggu 11 kehamilan lalu melihatnya dengan pemeriksaan USG 4 dimensi.
ADVERTISEMENT
Itu pun, tidak bisa sepenuhnya memberi kepastian, Moms. Ada kalanya, alat kelamin bayi tidak terlihat saat pemeriksaan USG 4 dimensi.
Namun bagaimana kalau tetap penasaran dengan jenis kelamin bayi di dalam kandungan bahkan tidak sabar menunggu sampai ibu hamil 11 minggu? Biasanya sih, orang lantas membicarakan ciri-ciri yang tampak dari sang ibu.
Ciri-ciri hamil anak laki-laki misalnya, ada beberapa hal yang paling banyak dipercaya masyarakat Indonesia. Enggak ada survey-nya sih, Moms. Tapi kita akan mudah mendengarnya di berbagai obrolan soal kehamilan di lingkungan keluarga maupun teman.
Apa saja?

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Paling Banyak Dipercaya (17770)
Ciri-ciri hamil anak laki-laki yang banyak dipercaya umumnya hanya mitos Foto: Shuttesrtock
Ciri-ciri hamil anak laki-laki yang banyak dipercaya adalah mual parah. Katanya, kalau hamil anak laki ibu akan mengalami mual yang lebih parah.
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri berikutnya terkait dengan bentuk perut ibu. Katanya, perut ibu yang hamil anak laki-laki akan lonjong seperti telur, bukan bulat seperti bola.
Soal ngidam juga tidak ketinggalan. Bila ibu hamil mengidam makanan yang asin-asin, katanya ini ciri hamil anak laki-laki! Misalnya ngidam keripik, stik keju, martabak telur dan makanan asin lainnya.
Lalu soal wajah ibu hamil. Ibu hamil yang wajahnya mulus bebas jerawat dipercaya sedang hamil anak laki-laki. Beberapa juga menyebutnya dengan istilah glowing alias bercahaya.
Lantas apakah semua ciri-ciri tersebut di atas bisa dipercaya?

Fakta Seputar Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Paling Banyak Dipercaya (17771)
Mual parah sering dipercaya jadi ciri-ciri hamil anak laki-laki Foto: Shutterstock
Moms, pertama kita bahas soal rasa mual yang dialami ibu hamil, yuk. Mengutip laman American Pregnancy, mual umum dan wajar dialami ibu hamil pada minggu ke-6 hingga minggu ke-12 kehamilan. Rasa mual bisa terjadi seharian, mulai dari pagi hingga malam.
ADVERTISEMENT
Tapi kita perlu tahu, rasa mual saat hamil diduga terjadi akibat tubuh memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) begitu sel telur dibuahi dan menempel pada leher rahim --terlepas dari jenis kelamin bayi yang dikandungnya. Hal ini dijelaskan oleh dr Karno Suprapto Sp.OG, dokter spesialis kandungan di RS Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta.
“Mual pada trimester pertama karena pengaruh hormon HCG yg dihasilkan oleh kehamilan,” jelas dr Karno.
Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki yang Paling Banyak Dipercaya (17772)
Ibu Hamil Makan Mangga Foto: Shutter Stock
Soal ngidam yang asin-asin dan wajah mulus sebagai ciri-ciri hamil anak laki-laki? Ini cuma mitos! Tidak ada studi konklusif yang membuktikan hal ini.
Sementara soal bagaimana bentuk perut Anda saat hamil sebagai ciri-ciri hamil anak laki-laki, juga tidak dapat dipercaya. Melalui bukunya yang berjudul Mitos Seputar Masalah Seksualitas & Kesehatan Reproduksi, dokter umum dr. Handrawan Nadesul dan dr. Kartono Mohamad menjelaskan bentuk dan tinggi perut ibu hamil ditentukan oleh otot perut dan rahim ibu. Lebih lengkapnya coba baca artikel ini:
ADVERTISEMENT
Nah Moms, jadi soal mencari tahu hamil anak laki-laki atau perempuan, bersabar ya! Tunggu sampai 11 minggu atau waktunya melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi. Semoga bayi tercinta sehat senantiasa, apapun jenis kelaminnya.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.