Mom11 September 2020 16:58

Doa saat Anak Sakit Gigi di Tengah Pandemi

Konten Redaksi kumparan
Doa saat Anak Sakit Gigi di Tengah Pandemi (1511111)
ilustrasi anak dan dokter gigi
Moms, sudahkah Anda tahu doa yang dapat dibaca saat anak alami sakit gigi? Meski bukan doa sehari-hari yang umum dibaca, kita perlu mengetahuinya di saat pandemi seperti sekarang ini.
ADVERTISEMENT
Sebab alih-alih berakhir, COVID-19 justru semakin mengancam. Dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, Rabu (9/9), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan memutuskan menarik rem darurat. Itu artinya, Jakarta kembali ke Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat. Maka wajar bila orang tua pun mungkin perlu mempertimbangkan masak-masak sebelum membawa anak ke dokter gigi.
Pertimbangan yang masak untuk membawa si kecil ke dokter gigi memang tidak berlebihan mengingat sejak awal pandemi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengeluarkan arahan dan syarat ketat bila Anda, anak, atau anggota keluarga ingin memeriksakan diri ke dokter gigi.
Ketua Umum PDGI, Dr. R.M. Sri Hananto Seno, drg, Sp.BM, MM, pada Maret lalu kepada kumparanMOM mengatakan sebaiknya masyarakat menunda dulu kunjungan ke dokter gigi kecuali dalam kondisi darurat. Misalnya bila ada gigi yang tanggal atau patah, mengalami pembengkakan gusi atau infeksi, nyeri gigi yang hebat, atau bisa juga karang gigi yang telah mengenai saraf mulut.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa yang dapat orang tua lakukan bila anak alami sakit gigi?
Doa saat Anak Sakit Gigi di Tengah Pandemi (1511112)
bacalah doa saat anak sakit gigi Foto: Shutterstock
Bila Anda seorang Muslim, cobalah terlebih dulu memanjatkan doa untuk mengharapkan ridha dan kesembuhan dari Allah SWT, Moms!
Letakanlah tangan atau jari Anda pada gigi anak yang sakit, bacalah bismillah sebanyak 3 kali diikuti surah Al-Fatihah lalu lanjutkan dengan berdoa sebanyak 7 kali:
'Auudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru"
Artinya: Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.
Dari HR. Muslim, ini adalah cara yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dan merupakan keutamaan.
Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan asbabul wurud hadis ini. Dikisahkan, suatu hari ada seorang sahabat Nabi SAW yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya. Ia bernama Utsman bin Al Ash RA, yang merasakan sakit sejak ia masuk Islam. Lalu Rasulullah mengajarkan doa dan cara tersebut di atas.
Doa saat Anak Sakit Gigi di Tengah Pandemi (1511113)
ilustrasi anak ke dokter gigi Foto: Shutterstock
Semoga saja sakit yang dirasakan anak dapat mereda ya, Moms. Namun perlu diingat, meski sudah memanjatkan doa, perhatikan selalu kondisi anak.
ADVERTISEMENT
"Meskipun bukan tindakan yang urgent, tapi jika menyebabkan rasa sakit yang sangat atau terus menerus, itu butuh pramedis. Misalnya karena gigi patah dan menyebabkan sakit, tindakan urgensinya bisa dilakukan. Tapi kalau tidak termasuk urgent nanti-nanti saja bisa," Dr. R.M. Sri Hananto Seno, drg, Sp.BM, MM mengingatkan.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white