Mom
·
11 Oktober 2020 11:36

Gemas! Anak Sharena Delon Ternyata Senang Gosok Gigi Sendiri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gemas! Anak Sharena Delon Ternyata Senang Gosok Gigi Sendiri (10745)
Sharena dan anaknya, Sea Foto: Instagram @mrssharena
Moms, kebersihan dan kesehatan gigi anak penting untuk dirawat sejak dini. Ya, itu karena email gigi (lapisan luar gigi) si kecil sangat rentan terhadap kerusakan lantaran tak sekuat email pada gigi orang dewasa. Hal inilah yang juga dilakukan oleh salah satu selebriti sekaligus ibu dari dua anak, Sharena Delon.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, belum lama ini Sharena membagikan salah satu momen ketika anak keduanya, Sea Dedari Situmeang sedang menggosok gigi. Dalam unggahan tersebut, tampak anak perempuan yang akrab disapa Sea itu senang melakukan hal tersebut. Ia pun mandiri, sampai tak mau dibantu oleh sang ibu yang asyik merekamnya.
Menurut penuturan istri dari Ryan Delon ini, Sea memang senang menggosok gigi. Bahkan, saking senangnya menggosok gigi, sikat gigi si kecil cepat rusak dan harus ganti terus. Hihi, gemasnya!
Gemas! Anak Sharena Delon Ternyata Senang Gosok Gigi Sendiri (10746)
Sharena dan anaknya, Sea Foto: Instagram @mrssharena

Cerita Sharena soal Sea yang Senang Menggosok Gigi

Perempuan berusia 36 tahun tersebut kembali bercerita bahwa di balik Sea yang kini sangat senang menggosok gigi, rupanya sebelumnya ia telah melewati berbagai macam tantangan alias proses yang panjang sampai akhirnya si kecil mau gosok gigi. Namun, lama kelamaan sang anak pun mau gosok gigi bahkan sudah bisa melakukannya sendiri --meski caranya belum benar.
ADVERTISEMENT
"Dari awal susah banget ngambil sikat gigi dari tangan dia (secara gemas kan pengin sikatin sampai bersih karena Sea dulu belum bisa putar-putarin brush-nya buat gerahamnya jadi yang kesikat bersih depannya doang). Tapi, Sea kekeuh mau coba sendiri, kalau diarahin dengan kita, pegang ujung tangkai sikat giginya juga enggak dibolehin sama dia... dan sudah beberapa minggu ini, I think dia sudah menguasai tekniknya," tulis Sharena Delon dalam keterangan foto di akun Instagram pribadinya.

Sharena Sering Ajak Sea Sikat Gigi Bersama

Kesenangan anak yang baru berusia 2 tahun itu rupanya bukan tanpa alasan, Moms. Ya, sang ibu mengatakan bahwa dirinya kerap kali mengajak Sea untuk menggosok gigi bersama. Karena kebiasaan tersebut, Sea pun memperhatikan bagaimana cara menyikat, memakai pasta gigi, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
"Practice makes perfect yah Cey! Sea sangat observat makanya biasanya kalau sikat gigi depan kaca, Sea ngajak aku sikat gigi bareng, dia juga loh yang cuciin plus ngasih odol punyaku. Baik bener deh si anak mandiri yang super perhatian sama surrounding-nya. Love you so much, baby girl," tutupnya.
Gemas! Anak Sharena Delon Ternyata Senang Gosok Gigi Sendiri (10747)
Ilustrasi membersihkan lidah bayi. Foto: Shutter Stock

Kapan Kenalkan Anak Cara Menggosok Gigi yang Benar?

Bicara soal kebiasaan menggosok gigi pada anak, kira-kira kapan ya waktu yang tepat untuk kenalkan anak akan hal tersebut? Moms, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebersihan dan kesehatan mulut anak harus Anda perhatikan sedini mungkin. Itu artinya, sejak bayi Anda harus merawatnya dengan baik. Bagaimana caranya?
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam laman resminya menjelaskan bahwa sebelum anak dikenalkan dengan cara menggosok gigi yang benar, ada tahapan pembersihan gigi yang bisa dilakukan. Pada masa awal bayi mengonsumsi ASI atau belum mendapat makanan padat, pembersihan rongga mulut bisa dilakukan dengan kain kasa steril yang lembut minimal 2-3 kali sehari.
ADVERTISEMENT
Pembersihan rongga mulut hingga gusi yang menonjol (bulging) juga penting dilakukan, yakni sebelum munculnya tanda-tanda gigi tumbuh, utamanya menjelang usia 12 bulan. Hal itu berguna agar anak terbiasa dibersihkan rongga mulutnya, serta bisa mengurangi sensitivitas anak hingga muntah ketika nanti mulai menggosok gigi.
Kemudian, saat gigi pertama tumbuh di rongga mulut anak, pada saat itulah menggosok gigi dengan sikat bisa dilakukan. Tapi tetap hati-hati ya, Moms. Pilih sikat gigi dan pasta gigi yang aman bagi anak Anda. Bila anak Anda belum bisa berkumur, pastikan Anda memilih pasta gigi yang aman bila tak sengaja tertelan si kecil.