Mom
·
25 November 2020 10:13

Ide Main Sambil Belajar untuk Anak Balita: Membersihkan Kulkas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ide Main Sambil Belajar untuk Anak Balita: Membersihkan Kulkas (89643)
Ilustrasi mengajak anak balita membersihkan kulkas
Bermain merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari anak. Selain menyenangkan, bermain bisa mengasah kemampuan motorik kasar, halus, kognitif, maupun kemampuan sosialisasinya, terutama pada anak balita. Wah banyak sekali ya, Moms!
ADVERTISEMENT
Hal ini juga dijelaskan oleh Saskhya Aulia Prima, Psikolog dan Pendiri TigaGenerasi.
“Bermain merupakan sebuah keharusan bagi anak-anak lho, Moms. Karena lewat bermain, dapat berdampak pada perkembangan otak, yang kemudian akan mempersiapkan otak anak untuk kehidupan, afeksi dan persiapan sekolahnya nanti," kata Saskhya.
Karenanya, sering-seringlah mengajak anak bermain bersama di rumah ya, Moms! Salah satunya dengan mengajak anak membersihkan kulkas bersama.
Bagaimana maksudnya?

Tips Ajak Anak Balita Membersihkan Kulkas

Ide Main Sambil Belajar untuk Anak Balita: Membersihkan Kulkas (89644)
Sambil membersihkan kulkas anak bisa belajar banyak Foto: Shutterstok
Membersihkan kulkas jadi tugas orang tua atau asisten rumah tangga? Ubah cara pandang Anda! Sebab di mata anak, terlibat dalam pekerjaan rumah tangga (atau tugas yang biasanya dilakukan orang dewasa) justru bisa jadi acara main yang sangat seru dan mengasyikkan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, dengan membersihkan kulkas ada banyak hal yang dapat anak pelajari. Caranya?
  1. Ajak anak mengeluarkan semua barang-barang atau bahan makanan yang ada di dalam kulkas.
  2. Pisahkan barang-barang tersebut menjadi beberapa kelompok. Buah dengan buah, sayur dengan sayur, produk susu dengan produk susu, dan seterusnya.
  1. Setelah itu, mintalah anak menyebutkan nama-nama sayur dan buah. Setelah anak menyebutkannya, Anda bisa menjelaskan pada anak kandungan gizi atau manfaatnya, Moms.
  2. Bisa juga, tantang anak untuk memisahkan barang-barang tersebut berdasarkan kategori yang berbeda. Misalnya berdasarkan warna atau bentuknya. Mana saja yang berwarna merah? Mana yang hijau? Mana yang kotak? Mana yang wadahnya terbuat dari plastik? Mana yang dari kaca?
Ide Main Sambil Belajar untuk Anak Balita: Membersihkan Kulkas (89645)
Ilustrasi Anak Balita Membersihkan Kulkas bersama orang tua Foto: Shutterstock
  1. Saat hendak memasukkan barang-barang kembali ke dalam kulkas, berilah anak beberapa benda yang beratnya berbeda. Minta anak membandingkan. Mana yang lebih berat? Mana yang lebih ringan? Mana benda yang lembek? Mana benda yang keras?
  2. Anak balita juga bisa diajak berhitung. Berapa banyak telur yang kita punya? Ada berapa potong kue tersisa?
ADVERTISEMENT
  1. Belajar membaca? Bisa juga, Moms! Tantang anak menemukan huruf tertentu di kemasan makanan yang tadi dikeluarkan. Dapatkah kamu menemukan huruf A? Ini karton susu, Nak, lihat tulisannya: S-U-S-U, susu!
  1. Bila mau, Anda dapat pula menjelaskan pada anak tentang perubahan benda cair jadi padat, soal suhu, dan lainnya. Banyak kan, idenya?
Nah Moms, selamat bermain dan belajar bersama si kecil, ya!