kumparan
26 Agu 2017 16:56 WIB

Ini Peran Suami dalam Menghadapi Istri yang Tengah Hamil

Peran suami saat istri hamil. (Foto: Thinkstock)
Peran seorang suami saat masa kehamilan istrinya memang sangat besar. Suami dituntut untuk bisa menjaga kondisi kehamilan dua orang sekaligus, yaitu istri dan juga bayi yang tengah dikandung oleh istrinya.
ADVERTISEMENT
Suami juga dituntut untuk bisa lebih sabar dalam menghadapi perubahan mood yang sering dialami oleh kebanyakan para wanita hamil. Tak boleh ikut menjadi sensitif, suami harus mampu mengontrol emosi dirinya dan juga emosi sang istri.
Peran suami saat istri hamil. (Foto: Thinkstock)
Lantas, apa saja yang harus dilakukan suami saat menghadapi istri yang tengah mengalami perubahan mood?
Berdasarkan penuturan psikolog Tara de Thouars, BA, M.Psi, suami harus siap dijadikan sebagai teman curhat sang istri selama masa kehamilan berlangsung.
"Suami harus siap menjadi teman curhat istri karena apa yang dibutuhkan oleh istrinya adalah didengarkan. Tak perlu memberikan solusi atau reaksi yang berlebihan selama suami bisa menjadi pendengar yang baik," jelas Tara saat ditemui kumparan (kumparan.com) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/8).
ADVERTISEMENT
"Hal tersebut bisa berdampak baik pada kesehatan mental sang istri yang merasa dirinya menjadi lebih tenang setelah bercerita dengan pasangannya," sambungnya.
Peran suami saat istri hamil. (Foto: Thinkstock)
Hal yang paling penting diketahui oleh suami adalah untuk tidak selalu menganggap semua omongan istri menjadi hal yang nampak serius.
"Don't take it seriously. Suami ngga boleh ikut menjadi sensitif atau 'baper' pada omongan istri, sebaliknya suami harus bisa melihat perubahan psikologis istri dari sisi positif," ungkapnya.
Tara menambahkan bahwa suami harus bisa menunjukkan bentuk kesigapannya sebagai suami siaga dengan cara selalu hadir di kala istri membutuhkan. Suami juga perlu mengikuti proses tumbuh kembang janin agar istri merasa bahwa sang suami turut perhatian dengan calon bayi yang sedang dikandungnya.
ADVERTISEMENT
"Hal kecil yang dilakukan suami saat istri sedang mengandung itu sangat berarti untuk kestabilan emosi istri. Perhatian-perhatian kecil yang diberikan suami bisa membuat istri merasa happy," tutur Tara mengakhiri perbincangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan