Mom22 Mei 2018 17:38

Istri Giring Hamil Hampir 10 Bulan, Normalkah?

Konten Redaksi kumparan
Istri Giring Hamil Hampir 10 Bulan, Normalkah? (70610)
Giring Nidji dan Keluarga (Foto: Munady)
Giring Ganesha atau yang akrab disapa Giring Nidji kini tengah menanti kelahiran anak ketiga. Usia kandungan sang istri, Cynthia Riza, saat ini diketahui sudah hampir menginjak sepuluh bulan.
ADVERTISEMENT
Namun hingga kini, Cynthia belum juga menunjukkan tanda-tanda ingin melahirkan. Padahal menurut perkiraan mereka, si kecil seharusnya lahir pada minggu ini.
"Ramadhan ini Cynthia harusnya lahiran. Pas dicek ternyata belum lahir, karena bayi laki-laki biasanya lebih lama lahir," kata Giring kepada kumparan, Selasa (22/5).
Istri Giring Hamil Hampir 10 Bulan, Normalkah? (70611)
Giring Nidji dan Keluarga (Foto: Munady)
Ya, perut sudah sangat besar, usia kandungan pun sudah hampir sepuluh bulan. Namun, tanda-tanda ingin melahirkan belum muncul. Apakah itu normal?
Kelahiran normal atau cukup bulan terjadi di usia kehamilan 38-42 minggu. Dokter biasanya menentukan hari perkiraan lahir pada usia kandungan 40 minggu. Usia kehamilan sendiri dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir.
Ibu hamil biasanya mulai resah, ketika usia kandungan telah mencapai 39 minggu namun belum ada tanda-tanda persalinan. Tapi sebenarnya Anda tak perlu khawatir Moms, tunggulah beberapa saat lagi.
ADVERTISEMENT
Jika pada usia kehamilan 41 minggu Anda belum juga menunjukkan tanda-tanda melahirkan, dokter biasanya akan memutuskan apakah perlu dilakukan tindakan atau masih diizinkan menunggu hingga usia kandungan 42 minggu.
Kalau setelah diperiksa, Anda dan bayi ternyata dalam keadaan sehat, dokter bisa saja meminta Anda untuk menunggu bayi lahir hingga usia kandungan 42 minggu. Namun, jika ditemukan masalah, seperti berkurangnya air ketuban, air ketuban berubah warna menjadi hijau, atau Anda dinyatakan positif preeklampsia, dokter biasanya akan segera melakukan tindakan untuk persalinan. Tindakan yang dilakukan bisa dengan memberikan induksi atau operasi caesar, tergantung dari kondisi Anda.
Sementara persalinan yang terjadi setelah usia kandungan lewat dari 42 minggu disebut kelahiran lewat waktu. Kondisi tersebut sangat tidak disarankan, karena dapat membahayakan ibu dan janin. Oleh karena itu, periksakan kandungan Anda secara rutin, untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi saat persalinan nanti, Moms.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white