Mom
·
27 Maret 2021 16:03

Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Bayi dari MPASI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Bayi dari MPASI (40691)
MPASI Bayi Foto: Shutterstock
Memberi makanan pendamping ASI atau MPASI tidak hanya sekadar mengisi perut bayi agar kenyang, Moms. Sebab, Anda juga harus paham tentang berapa kalori yang dibutuhkan bayi dari MPASI.
ADVERTISEMENT
Ya, kalori bisa menjadi bahan bakar untuk perkembangan otak dan tubuh bayi di masa pertumbuhannya. Jadi, jangan sampai si kecil kekurangan asupan kalori karena akan menghambat tumbuh kembangnya. Lantas, berapa banyak kalori yang harus dikonsumsi bayi setiap harinya untuk mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan?

Penjelasan soal Kalori yang Dibutuhkan Bayi dari MPASI

Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Bayi dari MPASI (40692)
MPASI bayi Foto: Freepik
Mengutip dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, kebutuhan kalori ditentukan berdasarkan berat badan bayi. Mengapa demikian? Menurut Sneak Peek Test, semakin besar bayi, maka semakin banyak kalori yang dibutuhkan untuk bergerak dan menjaga semua sistem di tubuhnya tetap berjalan normal.
Kalori adalah bahan bakar untuk tubuh, seperti bensin adalah bahan bakar untuk mobil. Bahan bakar yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil kecil, umumnya jauh lebih sedikit daripada yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil yang lebih besar, seperti SUV.
ADVERTISEMENT
Aktivitas fisik juga mempengaruhi asupan kalori yang dibutuhkan bayi. Sehingga, ketika bayi sudah bisa merangkak, mereka akan membutuhkan banyak kebutuhan kalori ekstra dibanding bayi yang kurang aktif. Usia juga sangat memengaruhi seberapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh si kecil.
Sehingga menurut IDAI, berikut adalah jumlah asupan kalori yang dibutuhkan bayi setiap hari:
  • 0-2 bulan - 400 kilo kalori per hari
  • 3-5 bulan - 500 kilo kalori per hari
  • 6-8 bulan - 600 kilo kalori per hari
  • 9-12 bulan - 700 kilo kalori per hari
  • 12-24 bulan - 800 kilo kalori per hari
Maka dari itu pada usia 6 bulan, bayi harus mulai diberi MPASI karena kebutuhan kalorinya sudah tidak cukup didapatkan dari ASI atau susu formula saja. Seperti dikutip dari IDAI, ASI hanya dapat memberikan sekitar 400 kilo kalori per harinya, jadi sisanya harus didapatkan dari makanan.
ADVERTISEMENT
Pada usia 6 sampai 9 bulan, banyaknya kalori tambahan yang diperlukan dari MPASI adalah sebanyak 200 kilo kalori per hari. Sementara pada usia 9 sampai 12 bulan adalah sebanyak 300 kilo kalori per hari.
Lalu di usia 12 hingga 24 bulan, bayi memerlukan 550 kilo kalori per hari dari MPASI. Jadi, Anda harus terus meningkatkan porsi makan si kecil setiap ia bertambah usia, Moms. Lantas, bagaimana cara menghitung porsi MPASI bayi? Yuk, cek penjelasan lengkapnya di artikel di bawah ini.