kumparan
1 Juni 2018 14:32

Kapan Gigi Pertama Anak Tanggal?

Ilustrasi gigi anak.
Ilustrasi gigi anak. (Foto: Thinkstock )
Gigi pertama anak biasanya muncul pada anak usia sekitar lima sampai enam bulan. Tapi dalam beberapa kasus, ada beberapa anak yang bahkan giginya tumbuh saat mereka menginjak umur usia tiga bulan.
ADVERTISEMENT
Apakah ini normal? Ya, Moms, ini wajar-wajar saja. Ini dikarenakan munculnya gigi pertama anak saat bervariasi dari satu bayi ke bayi yang lain.
“Cepat atau lambatnya GS (gigi susu) tumbuh tergantung saat pembentukan GS yang terjadi didalam kandungan ibu. GS mulai terbentuk pada saat janin berusia 4-5 minggu didalam kandungan. Asupan gizi yang baik pada ibu saat kehamilan akan menghasilkan GS yang baik dan sehat,” ujar drg. Yulia Sri Bono Widyastuti SpKGA., saat dihubungi oleh kumparanMOM.
Gigi susu (COVER)
Pentingnya menjaga kesehatan gigi susu. (Foto: Thinkstock)
Gigi susu anak berjumlah 20 buah. Dan normalnya, setiap gigi susu akan terganti dengan gigi tetap (GT) ketika mereka berusia antara enam dan tujuh tahun.
“Gigi Susu (GS) berganti menjadi Gigi Tetap (GT) pada umumnya mulai usia 6 tahun dan akan lengkap pada usia diatas 17 tahun. Lalu pergantian GS sendiri biasanya ditandai dengan kegoyangan pada GS lalu diikuti dengan tanggalnya GS,” tambah dokter gigi anak yang biasa disapa dengan nama Tuti Bono ini.
ADVERTISEMENT
Begitu anak mulai kehilangan giginya, polanya akan tampak seperti kebalikan dari bagaimana gigi susunya tumbuh. “Pada umunya, GS akan tanggal sesuai dengan urutan tumbuhnya, dan juga bisa sesuai dengan usianya,” ujar Tuti.
Pertama-tama anak harus kehilangan dua gigi tengah bawah, yang disebut gigi susu sentral. Selanjutnya, dua gigi tengah atas akan rontok, diikuti oleh gigi taringnya. Biasanya gigi susu tidak akan tanggal, sebelum gigi permanen mendorong gigi susu untuk keluar dan terganti oleh gigi permanen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan