Mom
·
19 September 2020 17:59

Kata Ahli: Mewarnai Bisa Cegah Stres pada Ibu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kata Ahli: Mewarnai Bisa Cegah Stres pada Ibu (27360)
Ilustrasi seorang ibu sedang mewarnai. Foto: Shutterstock
Di tengah masa pandemi corona yang hingga kini belum usai, sebagai ibu, Anda mungkin jadi punya berbagai tantangan yang harus dilewati. Mulai dari mendampingi anak belajar dari rumah, membagi waktu antara bekerja dan mengurus kebutuhan rumah tangga, hingga perasaan bosan yang mungkin sudah melanda.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, terkadang hal tersebut bisa membuat beberapa orang jenuh, bahkan hingga stres. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari cara agar kondisi tersebut tidak menimpa Anda. Misalnya saja, dengan memulai kegiatan baru di rumah yang bisa meningkatkan mood, seperti berkebun, merajut, mencoba resep makanan baru, atau bahkan mewarnai.
Ya, selama ini mewarnai identik dengan kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak. Tapi ternyata, bagi orang dewasa, mewarnai juga punya banyak manfaat, Moms.
Bahkan seperti dikutip dari laman Cleveland Clinic, psikolog klinis dari Ohio, Amerika Serikat, Scott M. Bea, PsyD, menjelaskan bahwa orang dewasa yang mewarnai gambar bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut.

1.Mengalihkan pikiran ibu

Mewarnai ternyata dapat mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal yang membuat stres. Walau sejenak namun beban pikiran Anda akan teralihkan dan melupakan masalah yang dipendam.
ADVERTISEMENT
"Melakukan cara ini sangat mirip dengan latihan meditasi," kata Bea.

2. Menenangkan otak

Kata Ahli: Mewarnai Bisa Cegah Stres pada Ibu (27361)
Ilustrasi seorang wanita sedang mewarnai. Foto: pixabay
Selain itu, mewarnai juga dapat membuat pikiran lebih rileks. Sebab, pada saat pikiran kita fokus pada aktivitas sederhana membuat otak cenderung lebih rileks dan stres berkurang.
"Anda tidak terganggu oleh pikiran dan penilaian," tambah Bea.

3. Kegiatan yang menyenangkan

Moms, kegiatan mewarnai bisa jadi menyenangkan bila Anda melakukannya tanpa beban. Ya Moms, suasana hati yang baik tentu membuat pikiran menjadi rileks dan stres berkurang.
Lebih lanjut, Bea juga mengakui bahwa penelitian terkait manfaat mewarnai yang dilakukan orang dewasa memang masih sangat terbatas, sebab tren mewarnai baru saja naik daun beberapa waktu terakhir. Namun untuk terapi seni sudah digunakan selama bertahun-tahun dengan banyak keberhasilan.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2006 silam, para peneliti menemukan bahwa terapi seni pada wanita yang terkena kanker terbantu secara signifikan untuk mengurangi tekanan fisik dan emosional selama menjalani perawatan. Selain itu, terapi seni juga membantu menghadapi kondisi lain, termasuk depresi, kecemasan, kecanduan, dan trauma.
Kata Ahli: Mewarnai Bisa Cegah Stres pada Ibu (27362)
ilustrasi wanita cemas, stres atau depresi Foto: Shutterstock
Dalam studi yang lebih terkini, para peneliti mengevaluasi efektivitas mewarnai desain geometris yang kompleks untuk mengurangi rasa cemas dengan sekelompok mahasiswa. Hasilnya mengungkapkan adanya penurunan tingkat kecemasan bagi siswa tersebut.
“Sementara (kegiatan) mewarnai pada orang dewasa mungkin sedikit berbeda dari terapi seni. (Tapi) saya menduga kegiatan mewarnai yang dilakukan orang dewasa akan menunjukkan hasil yang sama. Kemungkinan manfaat terapeutiknya akan sama dengan mendengarkan musik favorit, ” jelas Bea.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, tidak menutup kemungkinan juga apabila Anda dan suami tidak merasakan manfaatnya. Sebab, kembali lagi, semuanya tergantung pada kepribadian masing-masing orang, Moms.
Namun tidak ada salahnya bila Anda mencobanya dan mengajak anggota keluarga lain untuk mengisi waktu di rumah. Selain membuat pikiran lebih tenang, bila dilakukan bersama-sama kegiatan ini juga bisa sekaligus mendekatkan hubungan Anda, suami dan anak.