Mom
·
16 Oktober 2020 15:01

Kenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (65334)
Ilustrasi anak generasi maju. Foto: Shutterstock.
Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya bisa berprestasi di sekolah. Ya, prestasi di sekolah tampaknya masih jadi salah satu indikator utama dan terpenting dalam mengukur kecerdasan anak. Padahal, ada beberapa potensi prestasi anak yang tak kalah penting untuk dukung ia jadi Anak Generasi Maju.
Tiga psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Gisella Tani Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psi., dan Firesta Farizal, S.Psi., M.Psi., dalam "Buku Aktivitas Bunda & Si Kecil" mengatakan bahwa setiap anak memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang.
Langkah penting yang dapat dilakukan orang tua adalah mendukung si Kecil untuk memiliki 5 (lima) aspek penting pada tumbuh kembang anak yang disebut lima potensi prestasi anak generasi maju di antaranya tumbuh tinggi dan kuat, percaya diri, cerdas kreatif, mandiri, dan supel.

1.Bantu Tumbuh Kembang

Kenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (65335)
Ilustrasi ibu mengukur tinggi anak. Foto: Shutterstock.
Potensi tumbuh tinggi & kuat bisa ditunjukkan melalui berat dan tinggi badan anak yang sesuai dengan kurva pertumbuhan. Nah, untuk memiliki potensi tumbuh tinggi dan kuat, Anda bisa berikan nutrisi komplit dan stimulasi motorik kasar dan motorik halus seperti menari, bermain lempar tangkap dengan balon, membuat bentuk binatang dengan lilin mainan, atau bermain finger painting.

2. Percaya Diri

Kenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (65336)
Ilustrasi anak percaya diri. Foto: Shutterstock.
Percaya diri sering diartikan sebagai senang tampil di depan umum. Tapi lebih dari itu Moms, percaya diri berarti anak memiliki keyakinan terhadap kemampuan dirinya. Untuk menimbulkan potensi ini, pastikan memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan kegiatannya sendiri selama itu aman, serta jangan lupa juga berikan si Kecil pujian jika berhasil melakukannya ya Moms!

3. Berpikir Kreatif

Kenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (65337)
Ilustrasi anak senang melukis. Foto: Shutterstock.
Berpikir kreatif adalah salah satu potensi prestasi yang penting untuk dimiliki anak. Si Kecil yang mampu berpikir kreatif biasanya cepat menangkap, mengerti, mampu mengingat banyak hal, berkonsentrasi, selalu ingin tahu dan dapat berbicara dengan lancar. Selain itu, ia juga banyak ide, mampu menciptakan benda atau ide yang berbeda, berani mencoba hal baru serta banyak bertanya.
Untuk menggali potensi berpikir kreatif pada si Kecil, Anda bisa berikan kesempatan pada anak untuk mengenal hal-hal baru untuk menambah wawasannya.

4. Mandiri

Kenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (65338)
Ilustrasi anak mandiri. Foto: Shutterstock.
Mandiri yang dimaksud adalah bagaimana si Kecil bisa mengandalkan dirinya untuk melakukan hal-hal tertentu. Anda bisa melatih kemandirian anak dengan memberikan tugas sederhana. Misalnya, membiarkan mereka makan dan minum sendiri. Tapi perlu diingat ya Moms, sebelum melatih kemandirian si Kecil, beritahu langkah-langkah atau tata caranya.

5. Supel

Kenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (65339)
Ilustrasi anak bermain bersama teman-temannya. Foto: Shutterstock
Anda tentu senang bila anak Anda supel dan punya banyak teman. Ya, supel adalah tentang berbagai macam keterampilan sosial. Si Kecil yang supel bisa berteman dengan siapa saja, mampu diajak bekerja sama, mau berbagi, sopan santun, dan mampu mendamaikan pertengkaran.
Untuk menggali potensi supel pada Anak, Anda bisa ajak mereka bermain bersama dengan anak-anak lain, baik itu teman sebaya atau lebih tua darinya. Dengan sering mengajak anak mengobrol dan beradaptasi, mereka akan terbiasa untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Dalam situasi seperti sekarang ini, di mana si Kecil tidak bisa bebas bersosialisasi dengan teman-temannya, Anda tetap bisa mengasah potensi prestasi supelnya selama berkegiatan di rumah dengan cara mengajak ia bermain bersama temannya atau mengajak berinteraksi bersama saudara, nenek atau kakeknya melalui video call secara rutin.
Inilah lima potensi prestasi yang tak kalah pentingnya dengan prestasi akademik Moms. Pasalnya, setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda. Karenanya sebagai orang tua, Anda mempunyai peran untuk mengenali dan mendukung potensinya tersebut agar anak siap menjadi generasi maju.
Untuk mendukung orang tua menggali potensi anak sejak dini, SGM Eksplor berkolaborasi bersama kumparan menggelar Kompetisi Potensi Prestasi Generasi Maju. Kompetisi ini merupakan program yang mengajak orang tua untuk menceritakan mengenai potensi prestasi, harapan, atau aspirasinya terhadap masa depan anak.
Kenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (65340)
Kompetisi #PrestasiGenerasiMaju. dok. kumparan
Cara berpartisipasinya mudah kok, Moms. Yuk simak selengkapnya:
  1. Unggah foto si Kecil yang berusia di atas 1 tahun di Instagram yang menunjukkan salah satu potensi prestasi generasi maju. Ingat, akun Instagram jangan dikunci ya, Moms!
  2. Pada caption, ceritakan potensi tersebut dan stimulasi apa yang Anda berikan.
  3. Cantumkan hashtag #SGMEksplor #PrestasiGenerasiMaju #SGMxkumparan dan tag @akuanaksgm, @kumparancom, serta tag 3 teman Anda untuk mengajak berpartisipasi.
  4. Foto Kompetisi Potensi Prestasi Generasi Maju dan caption cerita yang diikutsertakan dalam Program merupakan kreasi yang orisinil (kreasi asli milik sendiri, bukan rekayasa, dan belum pernah diikutsertakan pada kompetisi lain).
  5. Anda diperbolehkan mengunggah lebih dari 1 foto pada Kompetisi Potensi Prestasi Generasi Maju melalui 1 akun Instagram.
  6. Program ini hanya berlangsung mulai tanggal 5 Oktober 2020 Pukul 00.00 WIB sampai dengan 30 November 2020 Pukul 23.59 WIB. Nantinya, akan ada hadiah uang tunai senilai Rp3 juta untuk 3 pemenang setiap bulannya.
Bagaimana? Menarik kan, Moms? Jadi, sambil terus memberikan nutrisi dan stimulasi untuk menggali potensi prestasi si Kecil, tak ada salahnya untuk mengikuti kompetisi menarik ini. Untuk informasi lengkap mengenai syarat dan ketentuannya, cek di sini ya, Moms!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan SGM