Kenapa Kecerdasan IQ dan EQ pada Anak Sama Pentingnya?

9 Februari 2022 9:59
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kenapa Kecerdasan IQ dan EQ pada Anak Sama Pentingnya? (90784)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak dengan IQ dan EQ yang seimbang. Foto: GOLFX/Shutterstock
Nilai rapor yang tinggi dan kemampuan akademis yang baik memang bisa jadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Tak heran jika para orang tua terus mendorong anak untuk meningkatkan kemampuan akademiknya. Misalnya saja dengan mendaftarkan anak kursus matematika, bahasa Inggris, dan lainnya.
Namun, upaya meningkatkan kecerdasan akademik, mengasah logika, dan kemampuan berbahasa anak saja ternyata tidak cukup, Moms. Sebab hal itu akan meningkatkan satu aspek saja, yaitu Intelligence Quotients (IQ).
Ya Moms, Emotional Quotients (EQ) juga perlu diasah dan ditingkatkan demi menunjang masa depan anak yang cemerlang. EQ mencakup beberapa hal seperti kemampuan berempati pada orang lain, cara memecahkan masalah, mengendalikan dan mengenali emosi, hingga cara berkomunikasi dengan baik.
Sehingga, si kecil tidak hanya unggul di bidang akademik saja, tapi kemampuan bersosialisasinya pun ikut terasah bila kecerdasan IQ dan EQ anak seimbang.

Keseimbangan IQ dan EQ untuk Masa Depan Anak

Kenapa Kecerdasan IQ dan EQ pada Anak Sama Pentingnya? (90785)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi stimulasi kecerdasan IQ dan EQ anak. Foto: anek.soowannaphoom/Shutterstock
Selain mendukung tumbuh kembangnya, IQ dan EQ pun berguna untuk masa depannya. Dilansir Healthline, IQ telah lama dikaitkan dengan kinerja akademik, kinerja pekerjaan, bahkan gaji yang tinggi pada seseorang.
Selain itu, kecerdasan emosional juga terbukti mendorong anak dapat sukses dalam pekerjaan, membentuk hubungan yang baik, dan membantu seseorang mengendalikan stres. Bahkan, penelitian yang berjudul EQ vs IQ Which is Most Important in the Success or Failure of a Student? menunjukkan bahwa kesuksesan di tempat kerja bergantung pada kecerdasan emosional seseorang (80 persen) dibanding kecerdasan intelektual (20 persen).
Nah, karena kedua jenis kecerdasan ini dapat memengaruhi masa depan dan kualitas hidup anak, maka perlu stimulasi untuk bisa menyeimbangkannya, Moms. Asah dan tingkatkan IQ dan EQ anak dengan seimbang sedini mungkin. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa menyeimbangkan kedua kecerdasan ini untuk si kecil. Bagaimana caranya?
Moms bisa menemukan jawabannya di IG Live kumparan bersama Enfagrow A+ yang berjudul “Pentingnya Keseimbangan IQ dan EQ untuk Sukses Si Kecil di Masa Depan”. Pada kesempatan ini, Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi, Chelsea Olivia, Brand Ambassador Enfagrow A+, dan Nia Elvira, seorang momfluencer, akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka mengenai pentingnya keseimbangan IQ dan EQ anak.
Kenapa Kecerdasan IQ dan EQ pada Anak Sama Pentingnya? (90786)
zoom-in-whitePerbesar
IG Live kumparan dan Enfagrow membahas keseimbangan IQ dan EQ. Foto: Dok. kumparan
Bincang-bincang ini akan diselenggarakan pada Rabu, 9 Februari 2022 pukul 16.00–17.00 melalui Instagram @kumparanmom, @enfaclub, @neeaelvira, @verauli.id, dan @chelseaoliviaa. Akan dibahas banyak hal menarik lainnya, mulai dari cara menstimulasi IQ dan EQ, tanda kecerdasan pada anak, cara memberi reward pada kecerdasan anak, hingga cara mengetahui minat dan bakat anak. Menarik sekali ya, Moms?.
Catat tanggalnya dan nyalakan notifikasi Instagram Anda agar tidak ketinggalan. Ada hadiah berupa saldo digital senilai total Rp1.500.000 untuk 3 orang penanya yang terpilih. Yuk, bantu anak seimbangkan IQ dan EQ agar masa depannya lebih baik!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Enfagrow.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020