kumparan
16 Jan 2018 12:30 WIB

Kiat Atasi Rambut Rontok Pasca Kehamilan

Rambut rontok. (Foto: Thinkstock)
Orang bilang, masa kehamilan selama 9 bulan adalah masa yang menakjubkan. Betapa tidak. selama masa kehamilan ada begitu banyak perubahan yang dialami oleh bayi maupun ibu. Begitu juga masa-masa setelahnya saat ibu memasuki dunia yang betul-betul baru setelah kehadiran bayinya. Perubahan-perubahan terjadi di sana-sini yang dapat membuat ibu bahagia -sekaligus bingung harus berbuat apa.
ADVERTISEMENT
Salah satu perubahan yang umumnya terjadi pasca kehamilan adalah kerontokan rambut ibu. Menurut sebuah penelitian, kebanyakan perempuan cenderung mengalami rambut rontok setelah melahirkan dengan sebab yang bermacam-macam. Salah satu sebab yang banyak dipercaya adalah tekanan ‘tambahan’ yang dirasakan ibu akibat megurus anak sehingga Anda tidak memiliki cukup tidur di malam hari.
Apakah Anda mengalaminya juga, Moms? Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut penjelasan yang dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari laman Mom Junction:
Gunakan Shampo Berbahan Alami
Shampo yang memiliki banyak bahan kimia dan racun berbahaya bisa membuat kulit kepala jadi kasar dan justru mempercepat kerontokan rambut setelah hamil. Untuk menghindari kebotakan dini, sebaiknya gunakanlah shampo yang berbahan alami dan bebas dari bahan kimia.
ADVERTISEMENT
Diet
Diet (Foto: Pexels)
Tidak hanya menggunakan produk rambut terbaik untuk kulit kepala, tapi Anda juga harus bisa memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Untuk menghindari kerontokan rambut, konsumsilah makanan yang mengandung Vitamin C dan sayuran hijau.
Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega-3 untuk menebalkan dan menyuburkan pertumbuhan rambut. Misalnya saja, minyak ikan, ikan salmon, dan berbagai jenis hidangan laut lainnya.
Memotong Rambut
Memotong pendek rambut Anda merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menghentikan kerontokan rambut. Perempuan yang memiliki rambut panjang akan lebih mungkin mengalami kerontokan rambut dibandingkan mereka yang memiliki rambut pendek (sebahu atau di atas bahu). Tenang saja Ma, banyak model rambut pendek yang justru sangat kekinian, kok. Anda tinggal pilih yang paling sesuai dengan bentuk wajah dan tekstur rambut Anda.
ADVERTISEMENT
Hindari Penataan Rambut Berlebih
Menata rambut yang berlebihan bisa buat rambut jadi lebih rapuh dan buat kulit kepala jadi kering. Tidak hanya membuat rambut mudah rontok, terlalu sering menata rambut dengan alat catok misalnya, bisa buat kulit kepala jadi terkelupas dan buat rambut jadi berketombe.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan