Mom
·
24 November 2020 17:40

Kiat Dukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kiat Dukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (87135)
Kiat dukung anak jadi generasi maju. Foto: Shutterstock
Melihat anak bisa tumbuh kembang optimal jadi salah satu momen berharga bagi setiap orang tua. Maka dari itu Moms, penting sekali untuk memberikan stimulasi yang tepat agar anak dapat tumbuh kembang secara optimal sesuai dengan usianya.
Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mendukung Potensi Prestasi agar anak menjadi generasi maju di masa depan. Yuk, simak tipsnya Moms

1. Penuhi nutrisi harian anak

Kiat Dukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (87136)
Memenuhi nutrisi harian anak. Foto: Shutterstock
Salah satu komponen penting mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah terpenuhinya nutrisi harian yang dibutuhkan anak. Tidak hanya menyediakan makanan bernutrisi tinggi, namun juga harus memiliki perpaduan gizi yang seimbang dan bervariasi setiap harinya.
Misalnya asupan kaya Omega 3 yang banyak ditemukan pada seafood, minyak ikan, hingga kedelai. Omega 3 seperti DHA dapat meningkatkan kemampuan otak dan koordinasi mata si kecil sehingga lebih mudah menyerap informasi. Dari jurnal yang diterbitkan National Institute of Health, Omega 3 juga dapat menurunkan sindrom Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas memori anak penyebab hiperaktif.

2. Tanamkan sikap percaya diri sejak dini

Kiat Dukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (87137)
anak percaya diri. Foto: Shutterstock
Sikap percaya diri tidak hanya membuat anak lebih berani tampil di depan umum, namun membuatnya tangguh dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru saat ia beranjak dewasa. Memiliki sikap percaya diri juga akan membuat si kecil lebih berani menunjukkan potensi diri dan mengungkapkan pendapat.
Mulailah dengan membiarkan anak menentukan pilihannya dengan tetap memberi bimbingan, misalnya menentukan baju dipakai, memilih sendiri menu makanannya, atau membebaskan anak memilih permainan yang ingin dilakukan. Jangan ragu juga untuk mengajak anak berdiskusi saat bermain, sehingga anak akan lebih berani mengekspresikan diri.

3. Ciptakan aktivitas menyenangkan di rumah

Kiat Dukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (87138)
Ajak anak bermain. Foto: Shutterstock
Meski di rumah saja, ada baiknya tetap ajak anak agar produktif dengan berbagai kegiatan edukatif yang menyenangkan. Misalnya membaca dongeng favorit menggunakan boneka dan mainan si kecil, berkebun, atau berolahraga bersama-sama.
Untuk anak yang sudah lebih besar, tak ada salahnya juga mulai mengajak anak memasak menu mudah favoritnya sambil memperkenalkan nama-nama benda di rumah. Selain membuat anak tidak bosan dan moody, berbagai aktivitas ini juga bisa membantu anak untuk berpikir kreatif, melepaskan energi berlebih, dan juga menanamkan nilai-nilai baik.

4. Biarkan anak berinteraksi dengan orang lain

Kiat Dukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju (87139)
Ajak anak berinteraksi dengan orang lain. Foto: Shutterstock
Sikap supel membuat anak lebih mudah berteman, berbagi, dan juga tidak akan kesulitan bila harus bergabung dengan lingkungan sosial. Anak pun bisa lebih berempati dan mengerti tentang perbedaan yang ada di lingkungannya.
Dengan tetap mengawasinya, biarkan anak berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya, tak hanya teman sebaya, namun dengan orang yang lebih tua maupun lebih muda darinya. Anda juga bisa mengadakan kegiatan menyenangkan misalnya mengajak anak dan temannya saling bertukar mainan atau playdate bersama. Jangan lupa juga untuk menanamkan sopan santun dan etika yang baik saat bertemu orang lain.
Moms, demi mendukung orang tua menggali Potensi Prestasi anak generasi maju, SGM Eksplor berkolaborasi bersama kumparan kali ini menggelar Kompetisi Potensi Prestasi Generasi Maju yang mengajak Anda untuk bercerita tentang potensi prestasi si kecil, harapan hingga aspirasinya terhadap masa depan si kecil.
Melalui program yang sudah berlangsung dari tanggal 6 Oktober 2020 Pukul 00.00 WIB sampai dengan 30 November 2020 Pukul 23.59 WIB, Anda dapat mengunggah foto atau video kegiatan bersama si kecil atau kita-kiat mengasah potensi prestasi si kecil. Berikut ketentuannya:
1. Unggah foto si Kecil yang menunjukkan salah potensi prestasi generasi maju di akun Instagram Anda. Pastikan akun tidak dikunci ya, Moms!
2. Ceritakan potensi prestasi anak dan kita mendukung kecerdasannya dengan stimulasi yang Anda berikan di kolom caption. Jangan lupa cantumkan hashtag #SGMEksplor #PrestasiGenerasiMaju #KumparanxSGMEksplor di akhir caption.
3. Tag akun @akuanaksgm @kumparancom serta 3 teman Anda agar bisa ikut berpartisipasi.
4. Foto kompetisi dan caption cerita yang diunggah harus orisinil (kreasi asli milik sendiri, dan belum pernah diikutsertakan pada kompetisi lain).
5. Peserta dapat mengunggah lebih dari 1 unggahan foto Kompetisi Potensi Prestasi Generasi Maju.
6. Pengumuman pemenang akan dilakukan Desember 2020 di Instagram Story kumparan, dan akan ada 6 pemenang yang berhak mendapatkan uang tunai Rp 1.000.000.
Tertarik mengikutinya, Moms? Yuk dukung kecerdasan anak sejak dini ikuti Kompetisi Potensi Prestasi Generasi Maju dari SGM Eksplor dan kumparan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengaksesnya di sini, atau dengan menghubungi Careline SGM 0-800-1-360-160 (bebas pulsa) dan email ke program@kumparan.com.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan SGM