Mom
·
26 November 2020 8:13

Kiat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan dengan Lancar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kiat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan dengan Lancar (9173)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Saat dinyatakan hamil, mungkin hal pertama yang ada di dalam pikiran Anda adalah bagaimana cara menjalani trimester pertama kehamilan dengan lancar dan janin tumbuh dengan sehat. Ya Moms, trimester pertama memang penuh perubahan besar, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Anda.
ADVERTISEMENT
Beberapa ibu hamil biasanya akan merasakan kekhawatiran tentang tumbuh kembang janin, hingga gangguan kesehatan yang akan muncul. Misalnya saja, mungkin Anda akan mengalami gejala mual di pagi hari, nyeri payudara, dan perubahan suasana hati.
Namun, bila Anda menjalaninya dengan ikhlas dan optimis, masa trimester pertama kehamilan pun akan lebih mudah dilalui. Nah, agar bisa melewati masa ini dengan lancar dan nyaman, berikut tips menghadapi trimester pertama kehamilan dan apa-apa saja yang harus Anda lakukan, seperti dikutip dari What to Expect:
Kiat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan dengan Lancar (9174)
Ilustrasi hamil di trimester pertama. Foto: Shutterstock

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Ibu di Trimester Pertama Kehamilan

1. Mengonsumsi Vitamin Pranatal

Saat Anda dinyatakan hamil, dokter kandungan Anda mungkin akan memberikan beberapa macam vitamin yang harus Anda konsumsi selama kehamilan. Vitamin-vitamin tersebut berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan menjaga janin yang sedang tumbuh agar tetap kuat dan sehat.
ADVERTISEMENT
Jadi, jangan malas mengonsumsi vltamin pranatal ya, Moms. Mengonsumsinya sejak trimester pertama kehamilan telah terbukti bisa mengurangi risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida.

2. Memilih Praktisi Kesehatan

Ada sejumlah praktisi kesehatan yang berbeda yang bisa Anda pilih, mulai dari dokter kandungan hingga bidan. Jadi luangkan waktu bersama pasangan untuk mempertimbangkan memilih dokter dan bidan terbaik yang bisa membantu Anda melewati masa kehamilan ini dengan lancar.

3. Catat Pesan Dokter Kandungan atau Bidan di Kunjungan Pertama

Kunjungan pertama di dokter kandungan dan bidan adalah hal yang paling penting dan menentukan keberlangsungan kehamilan Anda. Oleh sebab itu, bawalah buku catatan kecil dan catat semua yang dokter atau praktisi kesehatan Anda katakan. Dokter mungkin akan mulai meninjau riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.
ADVERTISEMENT
Anda mungkin akan menjalani serangkaian tes termasuk pap smear, urinalisis, dan pemeriksaan darah untuk menentukan golongan darah dan status Rh Anda, kadar hCG, dan memeriksa adanya infeksi atau tidak. Selain itu, Anda akan menjalani USG awal untuk memastikan detak jantung, tanggal kehamilan dna memastikan semua aman.
Nah, bila ada pertanyaan seputar awal kehamilan atau apa saja yang harus Anda lakukan dan tidak, sekaranglah saatnya untuk menanyakannya, Moms. Dokter akan membantu Anda untuk melewati trimester pertama dengan baik.

4. Tes Genetik

Anda mungkin akan disarankan menjalani skrining NIPT (antara minggu ke 10 dan 13 kehamilan) untuk mencari kemungkinan down sindrom pada janin atau kelainan jantung bawaan. Berdasarkan risiko Anda, praktisi Anda juga dapat merekomendasikan NIPT sekitar minggu ke 9 (skrining darah noninvasif yang mencari kelainan kromosom) atau tes prenatal invasif yang lebih pasti.
Kiat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan dengan Lancar (9175)
ibu hamil trimester pertama Foto: Shuttertock

5. Memilih Asuransi dan Menghitung Biaya Kehamilan sampai Melahirkan

Biaya kehamilan bervariasi berdasarkan sejumlah faktor. Akan jauh lebih mahal bila Anda tidak memiliki BPJS Kesehatan atau asuransi. Jadi sekaranglah waktunya untuk mendaftarkan rencana atau meninjau persyaratan polis Anda, dengan fokus pada premi dan asuransi bersama untuk menjaga biaya keseluruhan Anda serendah mungkin. Menggunakan BPJS Kesehatan mungkin akan lebih murah karena ditanggung oleh pemerintah.
ADVERTISEMENT

6. Membuat Anggaran

Pada trimester pertama kehamilan, bukan tubuh Anda saja yang harus diperhatikan, Moms. Namun masalah keuangan keluarga pun harus tetap diperhatikan. Evaluasi kembali pengeluaran bulanan Anda dan pelajari biaya memiliki bayi, lalu siapkan anggaran bulanannya.

7. Makan dan Berolahraga dengan Teratur

Sekarang saatnya untuk mengurangi kafein, serta mempelajari makanan mana yang harus dihindari dan mana yang harus dikonsumsi dalam diet kehamilan Anda.
Selain itu, perhatikan juga olahraga apa yang pas untuk Anda lakukan di trimester pertama kehamilan agar janin tetap aman. Lakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari dalam seminggu agar bayi di dalam kandungan Anda tetap sehat.

8. Rencanakan Mengumumkan Kehamilan

Pikirkan tentang bagaimana dan kapan Anda ingin memberi tahu teman dan keluarga tentang kabar baik ini, serta kapan Anda akan mengumumkannya di media sosial. Kebanyakan wanita menunggu hingga akhir trimester pertama untuk melakukannya, saat risiko keguguran lebih rendah.
ADVERTISEMENT
Dan jika Anda bekerja, mulailah memikirkan kapan harus memberitahu atasan Anda tentang kehamilan Anda dan apa yang harus dikatakan; lakukan riset sebelumnya untuk memahami kebijakan cuti melahirkan di perusahaan Anda ya, Moms.