kumparan
28 Desember 2017 13:54

Klarifikasi Selebgram Ria Ricis soal Vlog Buang Squishy ke Toilet

Ria Ricis (Foto: Munady)
Video blog (Vlog) selebgram Ria Ricis soal membuang mainan squishy ke toilet dikritik netizen. Mereka menganggap aksi Ricis membuang 'sampah' itu bisa memberikan dampak buruk bagi para subscribernya di YuoTube yang mencapai 2,3 juta dan sebagain besar anak-anak.
ADVERTISEMENT
Salah satu netizen yang mengkritik adalah WulanRussel melalui akun Instagramnya. Wulan menyayangkan tindakan Ricis yang membuang mainan ke kloset karena takut ditiru oleh anak-anak.
"Kemarin buang ke laut sekarang buang ke kloset, yang begini jadi panutan bocah," tulis Wulan di akun Instagramnya.
Loading Instagram...
Video YouTube Ricis juga mendapat banyak komentar kritik. Salah satunya dari Diah Putri Ningrum.
"Mbak maaf ya. videonya tidak mendidik sama sekali. sayang sekali mbaknya viewersnya banyak. kalo ditiru sama adik-adik di luar sana gimana? uang dibeliin squishy cuma untuk dibuang d closet. padahal orang tua mereka nyari uang susah payah. ya kalo mbak. bisa cari duit sendiri. terserah deh mau diapain. tapi tolong cerdas sedikit jadi youtubers yg dikenal banyak kalangan terlebih remaja. bikin konten youtube yg bermanfaat ya mbak. makasih".
ADVERTISEMENT
Begitu juga dengan Latisha 01 yang berkomentar:
"Ini apasih? 90% viewers disini aja anak anak. Kok bisa bisanya dia bikin video ini yang kemungkinan besar anak anak tertarik untuk nontonin dia? Gabisa bedain kah, mana mendidik, mana gak mendidik? Dan mana penting, mana gak penting?"
Devi Nindy yang adiknya menjadi salah satu follower Ricis menyarankan agar Ricis membuat konten yang lebih berfaedah.
"Maaf ya Ricis aku ikutan komentar. kalau kamu emang cari uang dari adsense youtube, nggak masalah, mau main squishy kontennya sampai dunia kiamat juga nggak papa. tapi coba pikir deh, liat demografi subscribermu, banyak anak-anak kecil kan? harusnya kalau mau difollow lebih banyak orang, kamu juga harus bisa tanggung jawab sama kontenmu karena kamu dijadikan role model sama mereka. dengan video membuang squishy ke laut, atuau ke toilet, secara nggak langsung tindakanmu akan dicontoh kebanyakan anak-anak yang punya squishy. ada baiknya sebelum kamu upload, kasih disclaimer dulu, keterangan2 yang bikin mereka jangan sampar mencoba kalo nggak begini... begitu... dsb. kalau kamu protes mengapa yang ngikutin kamu banyak anak-anak, kan karena kamu bikin konten yang berhubungan dekat dengan mereka. Adik2kku pun ngefollow kamu. jadi, kedepannya tolong dipertimbangkan lagi kontenmu sebelum upload yaa. salam sayang,"
Ria Ricis (Foto: Munady)
Dikonfirmasi kumparan (kumparan.com) Ricis mengatakan konten-konten squishy itu sudah dari lama dibuat. Bukan cuma soal buang squishy ke kloset, tetapi berbagai eksperimen lainnya. Ricis menegaskan, vlognya yang berjudul "BUANG SQUISHY KE CLOSET??? - squishy dares" itu tidak benar-benar dibuang.
ADVERTISEMENT
Vlog itu berdurasi 4 menit 43 detik. Di awal video Ricis memperlihatkan squishy mini koleksi. Dia mendeskripsikan setiap squishy mulai dari bentuk sampai aromanya. Di akhir video Ricis terlihat berada di toilet dan membuang salah satu squishy-nya ke kloset tanpa di-flush.
Video
"Teman-teman yang lain bisa perhatikan videonya dari awal sampai akhir, tidak benar mengotori atau membuang. Itu hanya pancingan judul. Ricis juga bukan tipe orang yang suka buang sampah sembarangan bahkan hampir tidak pernah," kata Ricis, Kamis (28/12).
Dia meminta maaf bila ada yang merasa apa yang dia lakukan menyinggung dan dianggap bisa memberikan dampak buruk. Namun Ricis berharap netizen bisa melihat secara utuh video yang diunggahnya.
"Mohon maaf apabila meresahkan. Tapi mungkin alangkah lebih baik apabila netizen mencari informasi yang lebih jelas mengenai berita tersebut karena ricis tidak benar-benar melakukan hal serupa dengan judul video," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Ricis tidak ambil pusing soal kritikan terhadapnya. Menurutya semua orang punya hak untuk berkomentar.
"Setiap komentar mau itu positif atau negatif pasti ada. Kita tidak bisa membuat semua orang suka sama kita. Ricis dan tim jadikan komen-komen tersebut untuk evaluasi ke depannya. Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi," kata Ricis yang punya 7,9 juta followers di Instagram ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan